Home > Pengetahuan > Alamat untuk Huruf Arab dan Russia

Alamat untuk Huruf Arab dan Russia

Sejak dibuka kesempatan memiliki nama domain dengan huruf non Latin mulai tahun lalu, banyak negara yang sudah mendaftarkannya. Namun, baru empat negara yang disetujui ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Masing-masing Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Rusia. Tiga negara menggunakan huruf Arab dalam bentuk sebuah kata, .MESIR, .ASSAUDIYAH, dan .EMIRAT. Sedangkan Rusia memilih .RF dalam huruf Cyrrilic yang merupakan alfabet khas negara tersebut. Keempat nama domain baru yang akan dipakai itu diumumkan ICANN, Kamis (21/1/2010).

Keempat negara akan menerapkan huruf non Latin secara penuh terhadap sistem alamat internet yang baru. Ini berb eda dengan negara-negara lain yang mungkin hanya menggunakannya pada nama domain sementara alamatnya sendiri tetap berhuruf Latin.

“Beberapa negara juga sudah mengusulkan nama domain dengan huruf non Latin lainnya, namun hanya akhirannya yang non Latin,” kata Tina Dam, direktur senior ICANN, seperti dirilis AP, Kamis (21/1/2010).

Seperti diketahui, kalimat dalam bahasa Arab ditulis dari kiri ke kanan kebalikannya kalimat dengan huruf Latin. Sementara huruf Cyrrilic pada beberapa karakter mirip huruf Latin sehingga bisa salah tulis.

Keempat negara yang sudah mendapat persetujuan ini harus mengajukan permintaan secara formal kepada ICANN. Selanjutnya, akan diuji coba untuk memastikan tidak menggan ggu sistem pengalamatan internet yang sudah berlaku sebelum diimplementasikan.

Categories: Pengetahuan
  1. eka
    November 17, 2011 at 6:26 am

    wah, hebat tuh

  2. March 9, 2013 at 6:55 am

    baguslah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: