Home > Pengetahuan > 10 Ledakan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah

10 Ledakan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah

Ledakan, apapun bentuknya merupakan sebuah bencana dalam sebuah kehidupan. Dalam kasus tertentu ledakan dapat menewaskan ribuan orang dan juga menimbulkan korban jiwa yang hidup sengsara. Di postingan kali ini RifkyMedia™ akan menghadirkan 10 besar ledakan yang pernah tercatat dan diketahui oleh manusia. beberapa diantara nya terjadi di bumi dan terdokumentasi dengan baik secara visual maupun transkrip sejarah penelitian ilmuwan ilmuwan (ledakan prasejarah), dan sisanya adalah ledakan yang terjadi di luar bumi yang terekam oleh penelitian penelitian dari kajian tentang asal muasal alam dan tata semesta jagad raya ( big bang). Di sini urutan dimulai dari ledakan “terkecil” yang terjadi di bumi dan diakhiri dengan ledakan kejadian alam semesta di urutan nomer wahid. Oke selamat membaca dan semoga menambah khasanah pengetahuan teman teman semua nya. Let’s Start
10.The Texas City Disaster. Kebakaran kapal kargo SS.Grandcamp pada saat merapat di texas tahun 1947, meledakkan 2.300 Ton Amonium nitrat yang merupakan suatu senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi. Ledakan bahkan menghempaskan dua pesawat yang sedang terbang dan memicu reaksi berantai meledakkan kilang minyak dan juga kapal kapal kargo lain di sekitarnya yang membawa 1.000 ton amonium nitrat. Bencana menewaskan sekitar 600 orang dan melukai sekitar 3.500, dan umumnya dianggap sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah AS.
Gambar ledakan texas
9. The Halifax Explosion. Pada tahun 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang sarat muatan bahan peledak untuk Perang Dunia I bertabrakan dengan sebuah kapal Belgia di pelabuhan Halifax, Kanada.Kapal Itu meledak dengan kekuatan lebih daripada ledakan bom buatan manusia ledakan sebelum itu, yaitu setara dengan sekitar 3 kiloton TNT. Ledakan membuat asap putih mengepul setinggi 20.000 kaki (6.100 meter) di atas kota dan memicu tsunami mencapai setinggi 60 kaki (18 meter). Selama hampir 1,2 mil (2 km) yang mengelilingi pusat ledakan, kehancuran total, dan sekitar 2.000 orang tewas dan 9.000 terluka. Hempasan pecahan kaca akibat ledakan yang menggema di kota kota sekitarnya telah membutakan ribuan orang, bahkan jangkar kapal terlempar berpuluh puluh kilo dari tempat awalnya.
Ledakan di Halifax yang menyebabkan banyak rumah hancur lebur rata dengan tanah
8. Ledakan Chernobyl, Pada tahun 1986, sebuah reaktor nuklir di Chernobyl Ukraina (soviet) meledak. Itu adalah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah. Ledakan, yang menghempaskan 2.000 ton tutup reaktor, mengirimkan 400 kali lebih tinggi efek radioaktif dari pada bom atom Hiroshima, mengkontaminasi lebih dari 77.000 mil persegi (200.000 km persegi) di Eropa. Kira-kira 600.000 orang yang terkena radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350.000 orang harus diungsikan dari daerah yang terkontaminasi. kebetulan ledakan ini juga pernah saya bahas di Blog saya ini.
Ledakan Chernobyl meninggalkan horor tersendiri sehingga wilayah itu sampai hari ini seperti kota mati

7. The Trinity Blast, Bom atom pertama dalam sejarah, dijuluki “the gadget,” diledakkan di Situs Trinity dekat Alamogordo, NM, pada tahun 1945, meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT. Senjata nuklir kemudian berakhir pada era Perang Dunia II dan menggiring dalam dekade ketakutan penghancuran nuklir ( Hiroshima Nagasaki bombing). Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa warga sipil di New Mexico telah terdampak ribuan kali lebih tinggi akibat radiasi dari batas yang direkomendasikan.
Ledakan trinity blast

6. Ledakan Tunguska, Ledakan misterius di dekat Podkamennaya Sungai Tunguska pada tahun 1908 yang membuat rata sekitar 500.000 hektar (2.000 kilometer persegi) hutan Siberia, daerah hampir ukuran kota Tokyo. Para ilmuwan berpendapat bahwa ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari sebuah asteroid atau komet mungkin 65 meter (20 meter) dengan diameter 185.000 metrik ton pada massa – lebih dari tujuh kali dari kapal Titanic. Ledakan yang dihasilkan bisa saja sekuat empat megaton TNT – atau 250 kali lebih kuat daripada bom atom dijatuhkan di Hiroshima.
Situs ledakan tunguska

5. Ledakan Mount Tambora, Pada tahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT, letusan gunung berapi terbesar yang tercatat dalam sejarah. Ledakan melempar keluar sekitar 140 miliar ton magma dan tidak hanya menewaskan lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa dan Lombok di dekatnya, tetapi abu itu dikabarkan menciptakan perubahan iklim global. Tahun berikutnya, 1816, menjadi dikenal sebagai Tahun tanpa musim panas, salju jatuh pada bulan Juni di Albany, NY, sungai es terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia

Gambar sebuah berita yang menggambarkan dahsyatnya ledakan tambora

4.The K-T Extinction Impact Event, Berakhirnya era Dinosaurus, diakhiri dengan bencana yang diperkirakan terjadi 65 juta tahun yang lalu dan membunuh kira-kira setengah dari semua spesies di planet ini. Meskipun penelitian menunjukkan planet ini di ambang krisis lingkungan sebelum Cretaceous-Tersier atau kepunahan KT , Menurut beberapa peneliti kemungkinan situs Tumbukkan kosmik menimbulkan kawah selebar 110 mil atau 180 Km Chicxulub, wilayah bagian Meksiko.

Gambar illustrasi pada saat berakhirnya era dinosaurus

3. Comet Shoemaker-Levy 9. Komet Shoemaker-Levy 9 dengan Jupiter bertabrakan secara spektakuler pada tahun 1994. Planet raksasa merobek tarikan gravitasi komet menjadi fragmen-fragmen terpisah hingga menjadi 1,8 mil (3 km) lebarnya, dan dan comet tersebut bergerak menghantam pada kecepatan 37 mil (60 km) per detik. Tabrakan terbesar itu menciptakan sebuah bola api yang naik sekitar 1.800 mil (3.000 km) di atas cloudtops Jovian dan membuat kegelapan total di lebih dari 7.460 mil (12.000 km) ukuran Bumi – dan diperkirakan memiliki daya ledak dengan kekuatan 6.000 gigatons TNT.

Gambar illustrasi tumbukan antara meteor levy dan Jupiter

2. Shadow-casting Supernova, Supernova adalah gugusan bintang-bintang yang sering meledak, dan menimbulkan cahaya terang dari semua galaksi yang ada. Supernova paling terang yang tercatat dalam sejarah itu terlihat di konstelasi Lupus (istilah latin untuk serigala) pada musim semi 1006. Ledakan emas yang luar biasa yang sekarang dikenal sebagai SN 1006 berlangsung kira-kira 7.100 tahun cahaya, sangat terang hingga cukup untuk membava dan menulis pada malam hari bahkan tetap terlihat selama berbulan bulan pada waktu siang hari.

Supernova Blast

1. The Farthest Recorded Explosion,Pancaran sinar gamma adalah paling kuat yang pernah diketahui di alam semesta. Sinar yang memancar dari area yang sangat jauh namun terlihat, adalah GRB 090423, menjangkau “dunia” kita dari kejauhan 13 Milyar tahun cahaya  ! dari bumi. Ledakan tersebut, yang hanya terekam kurang dari 1 detik, melepaskan energy lebih dari 100 kali energy yang dilepaskan oleh matahari selama 10 M. Dan teori menyatakan dari ledakan Big Bang inilah tata surya dan alam semesta ini tercipta.

gambar runtut proses terjadinya semesta lewat big bang
Itulah 10 list ledakan ledakan yang pernah tercatat, ada dua ledakan besar yang pada awalnya saya fikir masuk list ternyata tidak, yaitu Letusan krakatoa (gunung krakatau) dan bom atom Hiroshima. bisa dibayangkan kalau ledakan diatas sangat hebat dan dahsyat. jika mengacu pada korban jiwa, maka memang Hiroshima Nagasaki memakan korban jiwa lebih besar karena di jatuhkan tepat diatas pemukiman padat penduduk. Ledakan dahsyat juga pernah di uji coba kan dalam sebuah eksperimen seperti operasi Upshot-Knothole
Dilakukan di Nevada Proving Ground antara Maret 17 and Juni 4, 1953, mengetes bom jenis beru yang menggunakan teori fission dan fusion. Rumah dalam gambar terletak 3500 kaki dari pusat ledakan, kameranya sendiri dilindungi lapisan setebah 2 inchi, hanya butuh 2,6 detik saja dari awal bom tersebut meldak sampai ledakannya menghancurkan rumah tersebut
Sumber:
wikipedia.org
Livescience.com
Google.com
News.bbc.co.uk
Categories: Pengetahuan
  1. bo13ok
    December 21, 2009 at 11:38 am

    Ambil PETROMAXXX dulu komennya nanti, takut keduluan orang lain :-ssPosting Bakal Meledak di Pasaran ini!!

  2. aan
    December 21, 2009 at 12:13 pm

    hirosima,,dan krakatau ga masuk list ya?? padahal ngeri juga lho..nice inpo sob,,

  3. artikel psikologi
    December 21, 2009 at 1:06 pm

    Innalillahi…semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih mendekatkan diri pada allah. Karena kita tidak tahu apa yang bisa terjadi suatu saat nanti.

  4. alkatro
    December 21, 2009 at 1:47 pm

    nice info.. wah mungkin timnya lupa nyatet.. smoga sj ldakan Mbah Krakatau ga terulang lagi.. sereem..

  5. mamo
    December 21, 2009 at 4:06 pm

    nais inpoh gannanti saia kirim cendol :)kepp posting

  6. bee
    December 21, 2009 at 4:40 pm

    petasan yg meledak deket rumah gw…ga termasuk tuh…lol

  7. Asep sukarman punya blog
    December 21, 2009 at 5:46 pm

    dahsyat……..

  8. G E O R G E O U Z
    December 21, 2009 at 9:00 pm

    WOOOOWWWWW…NGERI BANGEEEEEETTTTT….

  9. Taktiku
    December 21, 2009 at 9:03 pm

    Serem banget ya kalau denger ledakan, jadi inget sama Noordin M Top😀

  10. phonank
    December 22, 2009 at 2:04 am

    Waaaw…mengerikan sekali…apalagi klo dampaknya sangat menyengsarakan dan bisa mengakibatkan korban teewas yg jumlahnya jutaan… sungguh tragis…seramm…yg nomor gambar nomor 6,, lubangnya berdiameter brp tuh,, besar sekali

  11. Alvhie aja ga pake N
    December 22, 2009 at 3:16 am

    mampir-mampir,,,,ada Award tuh, sambut ya…^^

  12. Sarimin
    December 22, 2009 at 4:40 am

    hajar pak de…

  13. Sarimin
    December 22, 2009 at 4:42 am

    @ Mamo Andromeda 69 tumben muncul le…

  14. rumah blogger
    December 22, 2009 at 5:15 am

    wahh ngeri sekali yaaaa….

  15. sabirinnet
    December 22, 2009 at 5:16 am

    begitu ya kalo di gambar dengan gerak lambat, ngeri sekali kehancuran rumah itu. thanx atas sharenya mas

  16. ganda
    December 22, 2009 at 7:55 am

    bagaimana dengan danau toba? katanya ledakan vulkanik dari kawah danau toba adalah ledakan vulkanik bumi yang terbesar katanya. CMIIW

  17. dadangsupriadi
    December 22, 2009 at 10:08 am

    Ops..Ngeri juga ledakannya

  18. dadangsupriadi
    December 22, 2009 at 10:09 am

    Awas nih meledak ..

  19. ocha
    December 22, 2009 at 10:21 am

    nais inpo .. wakakakaa

  20. iiN greeN
    December 22, 2009 at 10:30 am

    ledakan bom Bali atau Jw Marriot nggak masuk yaa.. ?!

  21. cah ndueso
    December 22, 2009 at 11:31 am

    wowo…lagek ngerti aku iki….sip

  22. wafyes
    December 22, 2009 at 12:19 pm

    wataw,,,balas dendam neh critanya,,,artikel baru gak kabar2…hemmm,,,

  23. Reza Fauzi
    December 22, 2009 at 12:26 pm

    waaa menyeramkan.. huhu… tapi nanti bakal ada lagi ledakan yang paling dahsyat, kiamat😀

  24. yuzrond
    December 22, 2009 at 2:15 pm

    ya ampund.. kerren tuch yg yg trinity blazt.hehe.. =p

  25. bo13ok
    December 22, 2009 at 2:22 pm

    Sebuah kehormatan bagi saya bisa meninggalkan comment di postingan anda ini, saya menghindari penggunaan Anonim dalam meninggalkan komentar, juga tidak lupa untuk rate bintang nya. Saya tidak komentar SARA oleh karena itu tidak di hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

  26. belajarcafe
    December 22, 2009 at 3:05 pm

    good post about great disaster, banyak jg yg baru aku ketahui tentang istilah baru di artikel ini, kerennn

  27. RifkyMedia™
    December 22, 2009 at 4:50 pm

    @ masa dadang, awas apanya mas? ban vulkanisir meledak kah? hehehehe@ ocha..Sip, thanks ya@ganda..sumber dari livescience g mencantumkan ledakan danau toba nya mas..sumber saya ambil dari sana@iin, hahah sedahsyat dahsyatnya emang masih belum termasuk terdasyat versi livescience diatas.@Wafyes..kamu ym nya eror bro!@reza fauzi..apapun ledakan nya tetep aja dahsyat, yg terkecil saja LPG mledak aja dah serem heheheh@yusrond, beauty but killer !@bobok, wedew@alkatro…hahah maybe bro..khilaf dia.@artikel psikologi…saya setuju bro@cah dhueso..lah nangdi ae bang sampek g ngerti? heheheh

  28. gak mutu
    December 22, 2009 at 7:48 pm

    ternyata yang masuk malah letusan gunung tambora yang ada di NTB, bukannya letusan gunung krakatau … .

  29. warungkopi
    December 23, 2009 at 1:04 am

    mantab gan, keren nieh artikel buat tambah pengetahuan, siip

  30. kisah
    December 23, 2009 at 1:43 am

    gak nyangka … yang tercatat baru 10 ledakan besar, padahal banyak ledakan lain yang belum diumumkan…

  31. ganda
    December 23, 2009 at 6:33 am

    mungkin maksud sumber adalah ledakan yang di buat oleh manusia, bukan ledakan alami.

  32. Aditya's Blogsphere
    December 23, 2009 at 11:00 am

    halo kawan…aq mampir lagi….seru baca artikelnya….thanks berat yah….

  33. mamo
    December 23, 2009 at 11:49 am

    wah wedew

  34. marsudiyanto
    December 23, 2009 at 12:04 pm

    Paling ditunggu adalah ledakan komentar masuk…

  35. RifkyMedia™
    December 23, 2009 at 12:55 pm

    @pak marsudiyanto, hehehe bener pak ! setuju !

  36. tito
    December 23, 2009 at 1:55 pm

    luar biasa, dahsyat sekali, yang mengerikan kalo dari ledakan itu muncul korban manusia yang jumlahnya banyak kaya diatas.makasih sob, good info!🙂

  37. Lina Marliana
    December 23, 2009 at 2:25 pm

    wah.. ngeri banget.. Ga bisa bayangkan klo kita sampe menyaksikan dengan mata kepala sendiri bahkan menjadi korban, ga akan bisa selamat deh..

  38. zipoer7
    December 23, 2009 at 2:29 pm

    Salam TakzimSelamat malam Rifky, menjumpai balik Rifky karena kunjungan, semoga kunjungan perdana ini tidak meresahkan, saya tidak bisa berkomentar banyak tentang ledakan, tetapi ledakan yang sangat saya sukai yaitu ledakan bom molotov yang dibuat dari tanah dengan bahan bakar karbit, ya itu ledakan yang paling berkesan waktu kecil, saling bersahutan dengan ledakan lawanSalam Takzim Batavusqu

  39. lina@happy family
    December 23, 2009 at 6:27 pm

    Ledakan terbesar asal Indonesia G. Tambora, saya kira Krakatau…

  40. ciwir
    December 24, 2009 at 2:45 am

    sangar dan seram sekali…Letusan Tambora pada abad 17 ditengarai adalah salah satu sebab kekalahan Napoleon, karena letusan itu menyebabkan musim dingin berkepanjangan di Eropa.Padahal jaraknya sudah ribuan mil…

  41. RifkyMedia™
    December 24, 2009 at 4:57 am

    @kang zipoer, salam Takzim kang. wah kalau ledakan bom molotov versi sampean sih familiar sekali kalau pas ramadhan dan lebaran heheheh@Lina Happy family, betul mbak..Tambora merubah iklim global.@mbak lina marliana..jangan sampai terjadi deh mbak hehehe@ciwir..hmm betul emang daerah Eropa paling terasa banget dampaknya, bahkan setiap sore hari disana terjadi fenomena pemandangan langit berwarna kemerah merahan yang sangat indah..selama 1 tahun penuh@tito..Thanks dah mampir ya bro

  42. mamo
    December 24, 2009 at 5:16 am

    ini kument ke 43

  43. wafyes
    December 24, 2009 at 5:17 am

    mantab gan,,,,

  44. Opung
    December 24, 2009 at 5:17 am

    Wow! infonya keren banget. Thanks sob jadi tambah wawasan nih.

  45. Anonymous
    December 24, 2009 at 5:17 am

    ini koment ke 44

  46. Anonymous
    December 24, 2009 at 5:19 am

    nais inpoh gan kemont ke 45

  47. wafyes
    December 24, 2009 at 5:20 am

    ini koment ke 45

  48. kunam88
    December 24, 2009 at 5:22 am

    wah ini yang saia tunggu46

  49. eh
    December 24, 2009 at 5:25 am

    wafyes: smart lemot bnget ki

  50. antonius
    December 24, 2009 at 5:27 am

    koment ke – 48

  51. uzie
    December 24, 2009 at 7:17 am

    mantepnihh bang postnyahhh

  52. epson resetter
    December 24, 2009 at 7:43 am

    mantep informasinya, menambah wawasan bagi saya nih yang suka meledak-ledak (dalam artian, kalo lagi mood, posting sehari bisa 10 biji, kalo lagi ga mood, seminggu ga posting2) makasih dah berkunjung, nanti saya tambahkan ke daftar blog dofollow saya ya..

  53. mufied
    December 24, 2009 at 7:46 am

    keren sob,,,menambah pengetahuan saya nech !!!

  54. Osi
    December 24, 2009 at 7:52 am

    Itu terjadi beberapa puluh tahun silam…saat usia bumi masih muda…Lalu bagaimana bila terjadi di saat ini, di saat bumi semakin tua….tak bisa ku bayangkan.

  55. 'O'dir
    December 24, 2009 at 10:44 am

    Astaga…Ngeri deh bang bacanya…"Mercon" aja takut, apa lagi Boom Atom…??Nais postingan Jendral…🙂

  56. devianty
    December 24, 2009 at 12:56 pm

    was here 4 u

  57. hidup untuk berbagi
    December 24, 2009 at 2:35 pm

    sip gan lengkap sumbernya,

  58. astaga.com lifestyle on the net
    December 24, 2009 at 2:37 pm

    Gunung krakatau apa g masuk mas, kan sampai misahkan jawa sama sumatra

  59. sumber daya professional dan tanggung jawab bagi pemerintahan indonesia
    December 24, 2009 at 2:41 pm

    mengerikan gambarnya g bisa ngebayangin

  60. ngobrol seputar bisnis online
    December 24, 2009 at 2:42 pm

    weleh ledakan tunguska sekitar 500.000 hektar beneran tuch boz

  61. RifkyMedia™
    December 25, 2009 at 5:04 pm

    @ngobrol seputar bisnis online,@astaga.com lifestyle..dari sumber nya begitu..

  62. Rahad 2 Six
    December 26, 2009 at 5:07 am

    serem gan…ada lagi satu,ledakan tsar bomba, bom atom buatan rusia…

  63. RifkyMedia™
    December 26, 2009 at 8:41 am

    @rahad..betul bom buatan kekaisaran russia Tsar nicholas emang sangat besar dan tercatat dalam sejarah,namun sayang tak masuk list

  64. compi
    December 26, 2009 at 3:53 pm

    mantap kali nihh infonya bro

  65. Shin-kun
    December 27, 2009 at 4:29 am

    Wuih, dahsyat, mantaff Sob, kereeeeennnnn…

  66. Boedak Betuah
    December 27, 2009 at 12:29 pm

    bom bali

  67. ALL IN tUmBuH
    January 23, 2010 at 3:38 pm

    mengerikan ya,.,.

  68. sena firmansyah
    August 12, 2010 at 7:59 pm

    kok ledakan amrozi nggak termasuk sih…..

  69. Maria
    September 15, 2011 at 12:24 pm

    Nice info !
    Izin nge-share yoo🙂
    Thanks

  70. May 26, 2014 at 11:29 am

    Nace info gan
    Kunjungi balik gan http://whoiam-strong.blogspot.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: