Home > Pengetahuan > Mari mengenal dunia Forensik

Mari mengenal dunia Forensik

Hai jumpa lagi di postingan terbaru RifkyMedia™, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Forensik. Ilmu forensik akhir akhir ini benar benar sedang diperlukan oleh karena banyaknya kasus kasus bunuh diri belakang ini, dan yang sedang hangat hangat nya (bukan sedang hangat2 nya, tapi terus hangat dan panas) adalah kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan ketua KPK non aktif Antasari Azhar, Pada persidangan waktu lalu Saksi Ahli seorang ahli forensik Mun’im idris menyatakan bahwa kondisi jenazah Nasrudin telah terkondisi dengan jenazah terjahit pada bagian kepala dan rambut yang sudah di potong pendek. bagaimana sebenernya forensik itu berkerja? oke, kita cari tahu dulu apa itu forensik. Menurut Wikipedia Forensik (berasal dari bahasa Yunani Forensis yang berarti “debat” atau “perdebatan”) adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan keadilan melalui proses penerapan ilmu atau sains. Dalam kelompok ilmu-ilmu forensik ini dikenal antara lain ilmu fisika forensik, ilmu kimia forensik, ilmu psikologi forensik, ilmu kedokteran forensik, ilmu toksikologi forensik, ilmu psikiatri forensik, komputer forensik dan sebagainya. Jadi pekerjaan forensik merupakan salah satu elemen pencari keadilan demi mengungkap sebuah kasus yang menuntut adanya tinjauan forensik di dalamnya. Dalam Forensik, pihak pihak yang berkecimpung di dalam nya di wajibkan memahami hukum yang berkaitan dengan tugas pengungkapan kasus tersebut.
Ada yang pernah denger Visum (visum et revertum, atau disingkat VeR)? nah visum tersebut merupakan bagian dari penyidikan yang ada di dalam forensik itu tadi. Selama ini banyak yang mengganggap visum hanya dilakukan untuk korban sebuah kasus yang meninggal saja, padahal tidak demikian, Visum juga bisa dilakukan pada orang yang masih hidup (ingat kasus Manohara odelia Pinot? ya itu salah satu visum untuk mengetahui luka lebam yang konon dilakukan mantan suami nya tersebut). Untuk VeR sendiri jenisnya dibagi menjadi beberapa bagian, seperti:
1. Visum et repertum TKP dimana penyidikan dalam hal hubungan sebab akibat luka yang ditemukan pada tubuh korban, barang bukti yang ditemukan, mengenai cara kematian nya, dan saat kematian korban.
2. Visum et repertum Jenazah, dimana petugas forensik menyelidiki jenazah korban.
3. Visum et repertum Korban hidup, nah pada visum jenis ini dibagi menjadi 2 bagian, antara lain yang pertama adalah dibuat setelah pemeriksaan selesai, korban tak perlu dirawat lebih lanjut atau meninggal. dan yang kedua Visum et repertum sementara dibuat setelah pemeriksaan selesai dan korban perlu dilakukan perawatan lebih lanjut.Visum et repertum lanjutan dibuat apabila korban setelah mendapat perawatan korban sembuh, setelah mendapatkan perawatan korban meninggal, perawatan belum usai namun korban pindah dokter atau pindah rumah sakit, perawatan belum usai namun korban pulang atau melarikan diri.
4. Visum et repertum jenazah penggalian, pada jenis ini korban yang sudah dimakamkan dilakukan pembongkaran makamnya untuk memperoleh bukti tambahan untuk penyidikan ( mungkin teman teman pernah tahu pada kasus Marsinah pada beberapa waktu silam)
5. Visum et repertum barang bukti.
Tampak penggalian beberapa korban untuk penyidikan pada kasus Jagal jombang Ryan
Adapun permintaan visum tidak bisa sembarangan, karena menyangkut sebuah penyidikan yang melibatkan kepolisian di dalam nya, berikut tata cara permohonan visum yang benar:
1. Permohonan harus tertulis, tidak dibenarkan melalui lisan,menyuruh orang,lewat telepon,lewat POS apalagi sms ( wah parah banget)
2. Dalam hal ini korban merupakan barang bukti, maka surat permohonan visum harus diserahkan sendiri oleh petugas kepolisian sebagai penyidik bersama korban, tersangka, ataupun barang bukti pada dokter.
3. Tidak diperkenankan melakukan visum atas sebuah kasus yang terjadi pada waktu yang sangat lama, hal ini mengingat rahasia kedokteran.
4. Permintaan diajukan kepada dokter ahli, pemerintah sipil, atau ahli kedokteran kehakiman pemerintah sipil untuk korban meninggal dunia.
Susunan dan bentuk surat visum et repertum:
1. Sudut kiri atas bertuliskan PRO JUSTICA atau untuk pengadilan (penyidikan)
2. kemudian pendahuluan, yang terdiri dari, identitas pemohon, identittas pemeriksa (dokter pemeriksa), tempat dilakukan pemeriksaan, tanggal dan jam pemeriksaan, identitas korban, keterangan lain sperti kapan dan dimana korban dirawat kapan meninggal dan sebab kematian.
3. Pemberitaan, hasil pemeriksaan luar termasuk identitas korban, hasil pemeriksaan dalam dalam hal ini pembukaan organ bagian dalam seperti tengkorak, rongga mulut dan tenggorokan.Dan pemeriksaan penunjang untuk sebuah hal yang diperlukan tekadang perlu penunjang dalam hal ini konsultasi dengan ahli lain, pemeriksaan PA, Toksilogi (pemeriksaan kadar kimia), Balistik (bila dalam kasus melibatkan penggunaan senjata), serologi (uji coba anti bodi) Immunologi (aspek kekebalan), Enzimatologis (Hal-ihwal yang berkaitan dengan enzim), Trace Evidance (pengumpulan bukti seperti noda darah dilantai dll).
4. kesimpulan. Berisi tentang identitas jenazah, kelainan kelainan baik pada pemeriksaan organ tubuh dalam maupun luar, hubungan kausal dan kelainan yang didapati pada pemeriksaan seperti penyebab luka atau persentuhan dengan benda tajam ),Sebab dan saat kematian korban termasuk kelasifikasi luka luka yang ada.
5. yang terakhir, penutup, wajib mencantumkan kalimat “demikianlah visum et repertum dengan mengingat sumpah” lalu kemudian diakhiri oleh tanda tangan dan nama lengkap dokter pemeriksa.
Oke itu tadi penjelasan mengenai apa itu Visum Et repertum dan berbagai klasifikasi nya. bagi sebagian orang awam ilmu forensik cenderung di definiskan dengan ilmu yang berhubungan dengan mayat dan kematian, tapi dengan sedikit penjelasan diatas ternyata tidaklah begitu. Oyah bicara tentang kematian. Hal hal yang sangat diperhatikan pada sebuah penyidikan adalah berapa lama korban tersebut mati (dalam kasus korban tenggelam, korban pembunuhan, atau yang tidak diketahui pasti waktu kematian nya). Pihak forensik dapat mengetahui tanda tanda penyebab pada korban tewas dengan beberapa parameter tertentu (ilmu ini disebut Thanatologi). berikut parameter yang dipakai.
1. Mayat berwana merah kebiruan merupakan tanda normal luka lebam.
2. Mayat berwarna merah terang menandakan korban keracunan CO, keracunan CN atau suhu dingin.
3. Merah gelap menendakan korban mengalami asfiksia (mati lemas, akibat kekurangan napas, ketika cairan menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen dari udara)
4. Mayat berwarna biru menunjukkan keracunan nitrit
5. Mayat berwarna cokelat menunjukkan keracunan aniline
Oke, cukup segitu aja dulu, sebenarnya sih masih panjang tapi akan saya sambung lain kali aja dalam postingan lanjutan. Terima kasih kepada teman saya Samsul Arief yang banyak membantu dalam proses pembuatan artikel ini dalam sebuah tanya jawab beberapa waktu lalu. Samsul Arief sendiri merupakan orang yang bersinggungan langsung dengan proses forensik dan bekerja pada sebuah Instalasi ruang jenazah di sebuah rumah sakit pemerintah ternama di Jawa timur. Sumber lain pendukung artikel ini adalah Wikipedia.org.
*maaf beberapa penjelasan tidak saya sertai gambar,karena gambar nya termasuk kategori DP (distubring Pict) untuk penjelasan diatas, gambar bisa temen2 cari sendiri di mbah google.
Categories: Pengetahuan
  1. bo13ok
    December 19, 2009 at 8:44 am

    Ma'af PETROMAXX saya embat lagi ^^saya masih penasaran penyebab kematian kucing saya, dulu gak kepikiran buat visum skarang sudah lupa kuburannya dimana, hiks…hiks…

  2. Osi
    December 19, 2009 at 9:25 am

    Atttuuutttt….Atut bacanya….ntr malah gak bisa tidur

  3. DeNi
    December 19, 2009 at 10:14 am

    saya sering denger istilah ini terutama diberita2.. baru tahu ternyata begitu ya forensik itu.. tambah pengetahuan.. makasih ya bos

  4. Shin-kun
    December 19, 2009 at 10:56 am

    Jujur saja, Shin-kun penasaran banget pengen menyaksikan proses forensik ini secara langsung, dah lama memendam keinginan :(…

  5. wafyes
    December 19, 2009 at 11:00 am

    wadew,,,pas banget,,gagal pertamax tapi masih dapet kelimaxxxx :Dane mau tanya gan,,bedanya visum sama mesum itu apa gan :Dmohon pencerahan😀

  6. RifkyMedia™
    December 19, 2009 at 11:07 am

    @wafyes…eitt mentang mentang KLimaxxxx pertanyaan nya kok mesum hehehe

  7. RifkyMedia™
    December 19, 2009 at 11:08 am

    @shin-kun..wah ada yg penasaran nih, dah siap nih bro ngeliat kondisi2 yg mengenaskan? hehehehe

  8. Anonymous
    December 19, 2009 at 11:27 am

    masih banyak om yah yg lom ketulis…oh ya forensik bisa gak om buat penelitian mayat yang dah lama untuk pembuktian sebab" kematiannnya

  9. Anonymous
    December 19, 2009 at 11:30 am

    (disconnectted)..masih banyak om yah yg lom ketulis…oh ya forensik bisa gak om buat penelitian mayat yang dah lama untuk pembuktian sebab" kematiannnya,pasti sulit om yah klo mayatnya dah ancur

  10. RifkyMedia™
    December 19, 2009 at 12:03 pm

    @Anonymous aka Disconnected, dalam kasus tertentu pembongkaran makam untuk sebuah penyidikan kadang terpaksa dilakukan, karena kondisi jasad sudah melebur/hancur..maka penyidikan jasad biasanya hanya pada organ tertentu seperti bagian gigi, tulang, sisa rambut ( beberapa organ tsb relatif lebih utuh dan tak hancur) biasanya yg diteliti adalah tulang apakah ada bekas memar2 atau patah tulang, atau pengambilan sampel dna.

  11. muktiali
    December 19, 2009 at 2:42 pm

    thanks friend infonya

  12. van
    December 19, 2009 at 4:03 pm

    ihhh takut ahh…kalo jadi forensik..heheh

  13. Khery Sudeska
    December 19, 2009 at 6:07 pm

    Informasi ini sangat perlu untuk pengetahuan bagi kita semua. Kadang tak terduga, pada saat tertentu ilmu ini akan sangat bernilai bagi kita. Trims, Mas.🙂

  14. sarimin
  15. RifkyMedia™
    December 20, 2009 at 12:28 am

    @osi + @van, heheh gak perlu takut bro, pembahasan nya ilmiah kok bukan cerita mistis dan serem2 gitu hehehehe..@deni,muktiali,Khery sudeska..thanks berat bro, sering2 mampir sini yah.@buat sang pertamax, wah saya ikut prihatin atas kucing anda, saya juga pecinta kucing, ada baiknya relakan saja kepergian nya hehehehe@sarimin,. lagi lagi anda nyepam di postingan saya

  16. sarimin
    December 20, 2009 at 1:14 am

    wkwkwk…, sodara….kasih saia pertamax….

  17. ocha
    December 20, 2009 at 1:33 am

    maNtaBB ciNN,..:x

  18. Alvhie aja ga pake N
    December 20, 2009 at 3:07 am

    nice info,,,,jadi nambah wawasan nch.ntr nyoba ahh,,,ada yang mau ku visum…hii

  19. Nova Imoet
    December 20, 2009 at 3:17 am

    wah.. artikelnya bagus banget…tapi g tertarik ah jadi ahli forensik:P

  20. Alwi
    December 20, 2009 at 4:25 am

    Datang di Minggu pagi tuk melihat mayat …. hiiiii …. serem …… lengkap banget visumnya jadi tahu nih sekarang …. tapi ngeriii hiiiii…. kabooooooooorrrrrrrrr …. atutttt

  21. Facechan
    December 20, 2009 at 5:38 am

    Wah2.. Aku kurang paham ttg ilmu hukum kyk gitu…hehehee.. nice info deh……..

  22. Kebahagiaan
    December 20, 2009 at 7:06 am

    nice info….mksh…:)

  23. RifkyMedia™
    December 20, 2009 at 7:42 am

    @ocha…hehehe makasih..@Alvhie aja, makasih,sering mampir ya..@Nova Imoet..Sama saya juga kurang tertarik..hehehehe@mas alwi, wah kok kabur mas :p@facechan, semoga dgn baca artikel diatas skrg paham walau sedikit.@kebahagiaan, thank you

  24. Ijonk Sasono
    December 20, 2009 at 7:55 am

    …sebelumnya Nais inpoh gan, but akan tetapi kenapa saia selalu gagal pertamaX…. :kabooorrr:

  25. yuzrond
    December 20, 2009 at 9:09 am

    ya ampun.. ngeri juga ternyata. :S

  26. solo life
    December 20, 2009 at 10:00 am

    Busyet, keren. Forensik memang perlu.

  27. blog buat bloggers
    December 20, 2009 at 10:36 am

    Keren pengetahuannya sobat, thank's ya!!!!

  28. Syahroyni
    December 20, 2009 at 11:28 am

    Menarik juga ya mas . . .

  29. Warna-Warni Dunia
    December 20, 2009 at 11:48 am

    TERNYATA MENGERIKAN…

  30. KucingTengil
    December 20, 2009 at 6:11 pm

    wah,,,, as always, u make me so amaze with your detail. Keren banget sob, sangat berguna bagi yang butuh seputar info visum menvisum

  31. iiN
    December 21, 2009 at 1:00 am

    — mmm.. update bgt dh blog`nya.. N lengkap info`nya..🙂 btw enak juga ya punya temen yg jago forensik… "tapi serem juga kalo tanya2 tg beginian… ^-^

  32. Asep sukarman punya blog
    December 21, 2009 at 4:21 am

    wah.. info forensik yasalut buat pengetahuanya sobnice post

  33. Rama
    December 21, 2009 at 4:31 am

    bisa juga digunakan untuk hal sederhana ya,mengenali daging ayam yang mati karena disembelih, dicekik atau mati tak wajar dengan forensik..Nice artikel

  34. achmad edi goenawan
    December 21, 2009 at 5:08 am

    wawasan baru buat saya!

  35. Jokes Baskets
    December 21, 2009 at 5:26 am

    nice blog….Best Jokeshttp://jokesbaskets.blogspot.com

  36. Best Jokes
    December 21, 2009 at 5:26 am

    Hi

  37. Students Mela
    December 21, 2009 at 5:27 am

    Good site…–Students Melahttp://studentsmela.blogspot.com

  38. AmruSite
    December 21, 2009 at 6:15 am

    Bagus banget tu sob infonya..Jadi penasaran dg dunia 'forensik'…Nice info..

  39. Dhana/戴安娜
    December 21, 2009 at 6:53 am

    salam sahabatwah mas saya kok merinding liatin berita ini he..he..good posting mas thnxs n good luck ya

  40. KANdaNGTips.bloGspot.Com
    December 21, 2009 at 6:53 am

    wah.. jadi tahu dunis forensik nih!

  41. movie download dan tutorial
    December 21, 2009 at 8:04 am

    wa,… artikel yang bagus…

  42. belajarcafe
    December 21, 2009 at 8:21 am

    nice work here, artikel yang ber-bobot nih. coba serial conan jg pake ilmu forensik yg detail en ga cuma analisa doang gmn ntar jadinya ya!?

  43. Rival Aditya
    December 21, 2009 at 8:25 am

    wah artikel yg sgt bermanfaat sob… lanjutkan

  44. bo13ok
    December 21, 2009 at 8:35 am

    nais inpoh gan, keep posting :)thx 4 share

  45. bo13ok
    December 21, 2009 at 8:37 am

    [ma'af] dobol post…..

  46. bo13ok
    December 21, 2009 at 8:37 am

    [ma'af] treble post…..

  47. HAPIA Mesir
    December 21, 2009 at 9:08 am

    ilmu and informasi bermanfaat ni sob..memang bener2 dibutuhkan ni tentang forensik…disamping bisa menolong juga karena jaman sekarang kasus udah banyak n bermacam-macam..

  48. asep canda
    December 21, 2009 at 10:04 am

    makasih atas infonya ya sob

  49. still wish
    December 21, 2009 at 10:06 am

    ini dia yang ku cari cari ijin sedot ya sob

  50. FaiS
    December 21, 2009 at 11:20 am

    hebat ni mas…,

  51. Lina Marliana
    December 21, 2009 at 2:30 pm

    Wah.. artikel2 rifky selalu menarik untuk diikuti yah.. What next nih ? selalu ga bisa ditebak.. hehehe.

  52. one 4 all
    December 21, 2009 at 3:19 pm

    mantapsssss lah…..

  53. Chomisah Noer
    December 22, 2009 at 1:08 am

    emmm bagus bgd neh artikel'a Bisa nambah pengetahuan bGD hehheheh rajin2 yah update biar ku tuambaah pinteeeeeer hhehhehehE

  54. dadangsupriadi
    December 22, 2009 at 10:10 am

    Setidaknya tambah wawasan nih,setelah baca artikel ini

  55. boby
    December 23, 2009 at 5:12 am

    wah dunia forensik agak ngeri yahhh

  56. Tutorial, Tips, Trik, Info.
    December 23, 2009 at 8:21 am

    wih kalau mayat warna pink tandanya keracunan apa?

  57. mamo
    December 24, 2009 at 3:43 am

    beraking News

  58. ngobrol seputar bisnis online
    December 28, 2009 at 1:15 am

    belum berminat dunia forensic nich hehe

  59. RifkyMedia™
    December 28, 2009 at 10:19 am

    @ngobrol seputar bisnis online, heheheh knp g berminat bro? serem yah? heheheh

  60. bee
    January 6, 2010 at 10:44 am

    sedikit Horor…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: