Home > Pengetahuan > Bagaimana terjadinya Petir dan bagaimana menghindarinya ?

Bagaimana terjadinya Petir dan bagaimana menghindarinya ?

Musim hujan telah tiba.Dimana mana hujan, Walaupun begitu Hujan adalah salah satu karunia Allah SWT, mengenai terjadinya banjir itu sih ulah manusianya sendiri. Oya kali ini saya gak membahas banjir, saya mau membahas bagaimana terjadinya petir yang biasanya juga hadir di musim hujan seperti ini. Kemarin sempat juga nonton berita di TV ada penambang  yang berteduh saat hujan tersambar petir dan semuanya tewas, kebetulan mereka berteduh di sebuah gubuk ditengah lapangan. Oleh karena itu saya ingin membahas sedikit bagaimana petir itu terjadi dan cara apa saja menghindarinya.

Menurut wikipedia, Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Terjadinya sendiri disebabkan oleh 2 teori, yaitu Ionisasi dan gesekan antar awan. Penjelasannya:

a. Proses Ionisasi
Petir terjadi diakibatkan terkumpulnya ion bebas bermuatan negatif dan positif di awan, ion listrik dihasilkan oleh gesekan antar awan dan juga kejadian Ionisasi ini disebabkan oleh perubahan bentuk air mulai dari cair menjadi gas atau sebaliknya, bahkan padat (es) menjadi cair.Ion bebas menempati permukaan awan dan bergerak mengikuti angin yang berhembus, bila awan-awan terkumpul di suatu tempat maka awan bermuatan akan memiliki beda potensial yang cukup untuk menyambar permukaan bumi maka inilah yang disebut petir.

b.Gesekan antar awan
Pada awalnya awan bergerak mengikuti arah angin, selama proses bergeraknya awan ini maka saling bergesekan satu dengan yang lainya , dari proses ini terlahir electron-electron bebas yang memenuhi permukaan awan. proses ini bisa digambarkan secara sederhana pada sebuah penggaris plastic yang digosokkan pada rambut maka penggaris ini akan mampu menarik potongan kertas. Pada suatu saat awan ini akan terkumpul di sebuah kawasan, saat inilah petir dimungkinkan terjadi karena electron-elektron bebas ini saling menguatkan satu dengan lainnya. Sehingga memiliki cukup beda potensial untuk menyambar permukaan bumi.

Animasi terjadinya petir disebuah kota besar
Waspadalah pada pohon, jangan berlindung di bawah pohon saat terjadi hujan petir

Petir juga digolongkan dalam beberapa tipe:
1. Petir dari awan ke Tanah (CG) petir ini tergolong berbahaya dan paling merusak, berasal dari muatan yang lebih rendah lalu mengalirkan muatan negatif ke tanah. Terkadang petir jenis ini mengandung muatan positif (+) terutama pada musim dingin.
gambar petir tipe CG
2. Petir dalam awan (IC), merupakan tipe yang paling sering terjadi antara pusat muatan yang berlawanan pada awan yang sama.
Gambar Petir tipe IC
3. Petir antar awan (CC), terjadi antara pusat muatan dari dua awan yang berbeda. Pelepasan muatan nya sendiri terjadi saat udara cerah antara awan tersebut.
Gambar Petir Tipe CC
4. Petir awan ke udara (CA) terjadi jika udara di sekitaran awan yang bermuatan positif (+) berinteraksi dengan udara yang bermuatan negatif (-) . Jika ini terjadi pada awan bagian bawah maka merupakan kombinasi dengan petir tipe CG. Petir CA tampak seperti jari-jari yang berasal dari petir CG
Gambar petir Tipe CA

Menurut muatan nya sendiri, petir dibagi menjadi dua yaitu petir negatif (+) dan petir positif (-) bedanya? kalau petir negatif cenderung menyambar berulang ulang dan bercabang cabang seperti sebuah akar pohon.
sedangkan petir positif, hanya menyambar sekali.
Petir Positif (+) dan Petir Negatif (-)

Nah apa yang kita lakukan bila terjadi hujan petir seperti itu? bila terjadi petir/kilat segeralah mencari bangunan yang memiliki  penangkal petir atau mendekat pada mobil atau kendaraan besar lain nya, seperti truk. Bila temen temen memakai sepatu, maka sepatu berbahan karet atau kulit cenderung lebih aman (asal sepatu tidak bolong bagian bawah/bocor) dan syukur pula kalau kita memakai kaus kaki dan dalam keadaan kering sehingga bisa menjadi pemisah tubuh kita dengan tanah. Hindari ketinggian dan daerah terbuka seperti lapangan, daerah berair atau berlindung dibawah pohon! (apalagi pohon itu satu satunya pohon di sebuah tanah lapang). Jika temen temen berada di luar ruangan dan merasakan rambut temen temen berdiri itu mungkin pertanda petir akan menyambar anda, segera mencari tempat yang aman. Matikan alat alat eletronik dalam rumah, cabut saklar power dan juga antena.
Bagaimana untuk Bangunan?
Menyadari akan kebutuhan kenyamanan pada sebuah rumah, sekarang ini sudah banyak rumah rumah modern yang menggunakan penangkal petir untuk menghindari hal hal yang fatal pada saat terjadinya hujan petir. Penangkal petir tipe lama dibuat dari bahan tiang atau kabel yang mempunyai hambatan listrik besar, sehingga diharapkan listrik yang sampai pada pangkal penangkal petir cukup aman untuk dialirkan ke bumi. Penangkal petir modern dapat menerima secara struktur besarnya tegangan listrik yang didapat dari petir dan mengalirkannya ke bumi. Teori diversi sebagai dasar dari prinsip kerja penangkal petir, menyatakan bahwa kemampuan penangkal petir modern melindungi struktur dikarenakan kemampuan pembumiannya yang baik. Sehingga sambaran petir yang terjadi dapat dialirkan dengan aman ke bumi melalui konduktor pembumian.
Ujung penangkal petir mempunyai kemampuan “mengundang” petir yang berada disekelilingnya untuk disambar petir. Ini terjadi karena udara disekitar ujung penangkal petir mengalami ionisasi, sehingga berakibat mempunyai sifat konduktor yang dapat dialiri loncatan listrik.
Sedangkan pangkal ujung bawah penangkal petir idealnya merupakan lapisan yang mempunyai sifat penghantar listrik. Ini akan membuat daya serap tanah dari ujung penangkal petir akan tersebar lebih merata. Dalam penghantaran listrik petir, yang harus diperhatikan ialah hambatan listrik pada konduktor perantara antara ujung atas (air terminal) dan pembumian. Harus dirancang jalur terpendek dari air terminal menuju pembumian dan setiap belokan harus mempunyai radius yang cukup besar. Bila hal ini tidak diperhatikan, maka sambaran petir akan mencari penghantar terpendek menuju pembumian, meskipun tidak melalui jalur penangkal petir (seperti melalui jaringan kabel rumah atau pipa plumbing). Ini dapat menyebabkan kebakaran dan bencana lain.

Setelah pemasangan penangkal petir, maka harus dianalisa faktor kemampuan tanah untuk menahan aliran listrik dalam radius tertentu. Pengetesan harus dilakukan untuk menjamin bahwa semua listrik yang menyambar dapat didistribusikan dengan baik. Ini menyebabkan pemasangan penangkal petir harus diserahkan kepada ahli pemasang penangkal petir.
Kalau temen temen mau membuat penangkal petir sederhana sendiri untuk rumah, maka yang harus di siapkan adalah alat penerima logam (spit), kawat penyalur dari tembaga, menyiapkan jaringan saluran dari ujung atas bangunan sampai pada bagian tanah basah. berikut diagram nya, sori agak jelek, bikin nya pakai paintbrush, semoga jelas.
klik untuk membesarkan gambar

Semoga penjelasan singkat saya ini bermanfaat, dan selamat berkreasi…

Sumber:
Categories: Pengetahuan
  1. bo13ok
    November 21, 2009 at 11:46 am

    PertamaX di amankan dulu.Terima kasih mas rifky atas ilmunya, Tuhan menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, semoga kita bisa lebih bijak manfaatkan ciptaan Tuhan.

  2. Rakhmat
    November 21, 2009 at 12:29 pm

    Mantap…. saya senang bacanya…. thanks atas sharing ilmunya… tapi perlu ditambahkan juga nih seberapa dalam sebaiknya untuk pembuatan penangkal petir sederhana ini atau sampai ketemu tanah basah itu biasanya berapa meter kedalamannya…

  3. RifkyPanzer™
    November 21, 2009 at 12:38 pm

    @mas Rakhmat..untuk kedalaman tanah basahnya emang tergantung dmn kita tinggal dan tergantung pula dengan jenis tanah nya, secara umum saja..kedalaman bumi pada 5 feet atau skitar 1.5 meter biasanya stabil terhadap perubahan temperatur permukaan.

  4. ipan-bukan-superpel
    November 21, 2009 at 1:50 pm

    wlo gagal pertamax…tapi yg penting pegi wan..nais inpo gan…ppenangkal petirnya mantab gan :-s kos ane 3 lantai ga ada penangkal petir ane di lantai 3 gan:-S

  5. wafyes
    November 21, 2009 at 3:06 pm

    mantab gan…😀

  6. Septian Gusonela
    November 22, 2009 at 2:31 am

    bagus sob… apalagi sekrang lagi musim hujan

  7. rumah blogger
    November 22, 2009 at 2:59 am

    wah harus hati2 ya, sekarang sudah memasuki musim hujan, apalagi dikota pohon2 skrg sudah tidak ada yg tinggi2..

  8. sabirinnet
    November 22, 2009 at 3:02 am

    asal jangan badai petir aja yaa…kacau deh.apalagi sekarang rame isu kiamat, hehehee

  9. affan
    November 22, 2009 at 9:35 am

    wah kirain dibawah pohon aman, ternyata malah tambah bahaya…

  10. sijagur
    November 22, 2009 at 10:03 am

    wah.. kerin.. btw.. ane punya pertanyaan… Yang lebih cepat dari petir apa ya???? ….. hihihihi jawabannya "Orang di kejar petir"..

  11. Alwi
    November 22, 2009 at 11:53 am

    Thank infonya yaaaa … manstab ….. sekarang jadi tahu tentang petir dan seluk beluknya …. gak hanya tahu Peter Shmeichel, Jhon Peter, dll heee… maaf just kidding …

  12. putra
    November 23, 2009 at 1:23 pm

    Iya ,, petir menyambar sesuatu yang lebih tinggi .. makanya kalau ujan jangan berada di tempat yang tertinggi .. Hehe ini kan baru dipelajarin kemaren ,,, salam kenal ,,

  13. The SUNRISE
    November 23, 2009 at 1:53 pm

    bagus bagus bagus . . sob . .geophysics ne sob . .nambah ilmu lagi . .

  14. KucingTengil
    November 23, 2009 at 2:58 pm

    wak keren banget sob. Detail banget. keren..keren… thanks infonya

  15. Banpol or Otak's
    November 23, 2009 at 6:20 pm

    Salam blogger, jgn lupa main ke blog aq ya….pasti banyak yg bermanfaat….Bnapol or OtakBillionaire In Training

  16. geazzy
    November 23, 2009 at 9:25 pm

    nice inpo gan, btw salam kenal mas :Dbisa tukeran link gak mas?

  17. Sarimin
    November 23, 2009 at 10:44 pm

    salam kenal mas…

  18. Lina Marliana
    November 24, 2009 at 9:43 am

    Threadnya bagus banget nih.. ntar aku rolldown ke anakku ahh…Thanks infonya ya sob.. ntar tuker link yah, ga bs skrg coz jamnya dah hampir plg.. ntar aja dirumah..

  19. RifkyPanzer™
    November 24, 2009 at 4:06 pm

    @Geazzy. oke sob kita tukeran link..@Lina Marliana, Alhamdulillah kalau artikel saya berguna hehehe, oke kita tukeran link..

  20. alaysdy
    November 25, 2009 at 10:42 am

    makasih infonya broew… bermanfaat banget

  21. Alwi
    November 25, 2009 at 11:00 am

    Berkunjung lagi nich … menjelang maghrib …

  22. Rkeyla
    November 26, 2009 at 5:44 am

    Mantap sob infonyasangat bermanfaat bangetThank's yach

  23. Kerja dari rumah
    November 26, 2009 at 1:18 pm

    Infonya mantap, pengalaman kakak sepupu tahun kemaren meninggal karena kena petir juga, padahal dia berlindung dibawah tenda, itupun banyak orang sekitar yang berlindung juga, semua selamat, hanya kakak yang meninggal ditempat.

  24. free download lagu indonesia dan lyric lagu Indonesia
    November 26, 2009 at 5:31 pm

    informasi yang sangat berguna pada saat musim hujan saat ini.paling aman adalah dirumah dan tidak menyalakan apa pun demi keamanan

  25. yuzrond
    November 27, 2009 at 3:26 am

    oO…trnyata petir ada banyak macam ya!

  26. iiN greeN
    November 27, 2009 at 9:49 am

    wahhhhhhh lengkap bgt informasinya…🙂

  27. RantZ RcheL
    November 27, 2009 at 6:06 pm

    ok,. salam kenal,. perkenalan ku kasih kamu award ni teman,. ambil ya sebagai pengahargaan buat kamu,. award buat teman

  28. prafangga
    November 27, 2009 at 8:56 pm

    Ups Mengerikan Pak Bro ^.^Aku dari kecil takut petir, tapi kalo sekedar suaranya aja paling kaget

  29. compi
    December 3, 2009 at 1:45 pm

    wahh bagus banget nihhhh informasinyathanks yahh bro

  30. Aryanto AJ
    December 8, 2009 at 5:01 pm

    terima kasih infonya, mampir ke blokku ya

  31. Aryanto AJ
    December 8, 2009 at 5:04 pm

    mampir kembali

  32. ajrajr
    December 16, 2009 at 7:08 am

    gambar petir bagus-bagus yah ^^

  33. dadangsupriadi
    December 26, 2009 at 1:58 pm

    Wah mantep,,rupanya begitu terjadinya petir

  34. dadangsupriadi
    December 26, 2009 at 1:59 pm

    Hati-hati dengan petir,kalo dah kenal dengan petir pastinya baik dia

  35. Iend-putrii
    November 1, 2010 at 12:23 pm

    wah wah wah hrs hati” itu,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: