Home > Pengetahuan > Benarkah isu 21-12-2012 ?

Benarkah isu 21-12-2012 ?

Kalau menyimak wacana tentang Kiamat 2012 yang disebut berdasarkan sistem kalender Maya, argumen pentingnya ada di sekitar Matahari. Antara lain disebutkan, pada tahun 2012 aktivitas Matahari, yang sudah dimulai sejak tahun 2003, akan mencapai puncaknya. Selain itu, Matahari dan Bumi akan berada segaris dengan lorong gelap di pusat Galaksi Bima Sakti.Tentu, Matahari amat sentral bagi Tata Surya, khususnya Bumi dan kehidupan yang ada di biosfernya. Jika ada peningkatan aktivitas di sana, Bumi pasti akan kena pengaruh. Namun, Matahari sudah rutin menjalani siklus aktivitasnya—yang berperiode 11 tahun itu—selama lebih dari empat miliar tahun dan sejauh ini baik-baik saja.
Kini, seiring dengan merebaknya buku tentang Kiamat 2012, juga film-film Hollywood tentang tema yang sama, juga muncul bantahan, tidak saja dari pimpinan suku Maya, tetapi juga dari kalangan astronomi. Mudah dimengerti kalau kalangan astronomi lalu bersuara. Ini karena penyebar kabar Kiamat 2012 banyak menyebut benda langit, seolah hal itu dapat menguatkan skenario yang mereka usung.

Film Film Hollywood yang mengangkat isu 21-12-2012, apakah ada nilai bisnis disini? hingga orang rela berantri antri ria di bioskop dan tentunya meraup untung besar bagi pihak produksi.
 Hollywood sedang demam film mengenai akhir zaman/disaster, terbukti beberapa film bertema akhir zaman atau kehancuran bumi juga ditampilkan dalam film Knowing , The Day After Tommorow, Armageddon, Independent day dan masih banyak lain nya. Bukankah Kiamat adalah keputusan Tuhan?

Padahal, dasar skenario itu sendiri, yakni kalender Maya, tidak berbeda jauh dengan kalender modern. Kalau kalender Maya punya berbagai macam siklus dengan panjang berlain-lainan, kita juga punya hal serupa. Jadi, kalau kalender Maya akan berakhir tanggal 21 Desember 2012, itu untuk kita bisa terjadi misalnya pada tanggal 31 Desember 1999. Esok hari setelah tanggal itu, yakni 1 Januari 2000, akan dimulai siklus baru, apakah itu yang berdasarkan hari, tahun, puluhan tahun, abad, atau milenium. Seperti sudah kita saksikan, berakhirnya siklus macam-macam pada tanggal 31 Desember 1999 tidak disertai dengan kiamat bukan?

Bagaimana dengan perjajaran antara Bumi, Matahari, dan pusat Galaksi Bima Sakti? Penyebar kiamat menyebutkan, saat perjajaran akan menimbulkan gaya pasang yang akan memicu gempa bumi yang menghancurkan untuk menamatkan riwayat dunia. Gaya pasang yang sama juga akan memicu badai matahari yang akan menghancurkan Bumi. Bahkan, untuk menambah efek, planet-planet juga disebut akan berjajar pada tanggal 21 Desember 2012. Ternyata, setelah diperiksa dengan saksama, Matahari tidak akan menutupi (menggerhanai) pusat galaksi. Bahkan, kalaupun Matahari bisa menutupi pusat galaksi, efek pasang dapat diabaikan, tulis Paul A Heckert yang dikutip pada awal tulisan ini.
Dengan penjelasan itu, skenario Kiamat 2012 tidak perlu dianggap serius.Berdasarkan teori evolusi (lahir dan matinya) bintang, di mana Matahari adalah salah satunya, Matahari memang sekitar lima miliar tahun lagi akan mengembang menjadi bintang raksasa merah yang akan memanggang Bumi. Namun, bukankah lima miliar tahun masih jangka waktu yang amat, amat lama untuk ukuran manusia? Namun, demi tujuan-tujuan lebih praktis, misalnya untuk mengetahui hubungan aktivitas Matahari dan gangguan komunikasi, atau untuk mengetahui lebih dalam tentang sifat-sifat Matahari, studi tentang Matahari tetaplah hal penting. Dan inilah rupanya yang diperlihatkan oleh Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat.
Penelitian Bosscha
Selama ini, Observatorium Bosscha lebih dikenal dengan penelitiannya di bidang struktur galaksi dan bintang ganda. Penelitian Matahari secara intensif dan ekstensif dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Namun, Sabtu 31 Oktober lalu, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diwakili oleh Dekan FMIPA Akhmaloka meresmikan teleskop matahari tayang langsung (real time). Sistem pengamatan Matahari yang terdiri dari tiga teleskop yang bekerja pada tiga panjang gelombang berlain-lainan ini dibuat dengan bantuan dari Belanda dan rancang bangunnya banyak dikerjakan oleh peneliti dan insinyur ITB sendiri.
Sistem teleskop yang dilihat dari sosoknya jauh lebih kecil dari umumnya teleskop yang ada di Bosscha ini terdiri dari teleskop yang bekerja pada gelombang visual, di mana untuk mendapatkan citra Matahari, sinarnya dilemahkan dulu sebesar 100.000 kali. Untuk pemantauan, citra Matahari diproyeksikan pada satu permukaan yang dapat dilihat dengan aman. Ini diperlukan karena selain untuk penelitian, fasilitas ini juga digunakan untuk pendidikan masyarakat. Dua teleskop lainnya masing-masing satu untuk penelitian kromosfer rendah dan satu lagi untuk penelitian kromosfer tinggi.
Menambah semarak peresmian, hadir pula ahli fisika matahari dari Belanda, Rob Rutten, yang pagi itu menguraikan tentang kemajuan penelitian fisika matahari dan tantangan yang dihadapi. Membandingkan materi paparannya, yang dilengkapi dengan citra hidup Matahari berdasarkan pemotretan menggunakan teleskop matahari canggih, tentu saja apa yang diperoleh oleh teleskop di Bosscha bukan bandingannya.
Kontribusi Indonesia
Direktur Observatorium Bosscha Taufiq Hidayat dalam sambutan pengantarnya menyebutkan, lembaga yang dipimpinnya beruntung masih dapat terus menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga di luar negeri untuk mendukung aktivitas ilmiahnya. Sementara peneliti Matahari di Bosscha, Dhani Herdiwijaya, selain menguraikan berbagai aspek riset tentang fisika matahari juga menyampaikan harapannya untuk mendapatkan hasil penelitian detail tentang Matahari. Peresmian teleskop surya di Bosscha tampak sebagai momentum bagi bangkitnya minat terhadap riset Matahari.
Seiring dengan peringatan Tahun Astronomi Internasional 2009, berlangsung pula peringatan 400 tahun pengamatan bintik matahari. Dalam konteks ini, masih banyak tugas manusia untuk mendalami lebih jauh serba hal tentang Matahari, bintang yang menjadi sumber kehidupan di Bumi. Alam seperti yang ada sekarang ini, menurut skenario Ilahi, masih akan terbentang lima miliar tahun lagi, bukan sampai tahun 2012.

 ambil positifnya..mari kita lebih menyayangi bumi ini agar lebih layak untuk dihuni
kredit to:Ninok Leksono
Categories: Pengetahuan
  1. ipan-bukan-superpel
    November 17, 2009 at 8:31 pm

    pertamax..mantab gan artikelnya.. OOT –> :semakin cepat semakin baik…bumi dah capek dan sakit gan…:)BMTH – pray for plague.

  2. mamo
    November 17, 2009 at 8:49 pm

    Ambil hikmahnya wahai saudara saudara, memang benar dengan booming isu spt ini hollywood akan meraup untung dan mungkin saja mereka sedang hitung2 laba sekarang.Serahkan kepada Allah SWT

  3. Alwi
    November 17, 2009 at 10:50 pm

    Yup isu Kiamat 2012 gak perlu ditanggapi terlalu serius, yg perlu ditanggapi secara serius kiamat itu pasti akan terjadi tapi kapan waktu terjadinya hanya Allah yag tahu, bahkan seorang Nabi sekalipun juga tidak diberi tahu oleh Allah apalagi kita ….. ok keep blogging nice post ….

  4. javabis99 | Bisnis n Hobby Blog
    November 17, 2009 at 11:30 pm

    Hanya Allah yg Maha Kuasa tau pasti kapan bencana & kiamat. klo saya santai n enjoy sih. salam.

  5. tarecha
    November 17, 2009 at 11:30 pm

    Sekali lagi itu hanya Isu janggan ditanggapi terlalu serius.. sama seperti kasusu isu gempa bumi di jawa timur yang katanya samapai 8.8 tapi apa?Manusia tidak bisa memprediksikan..^_^

  6. Elfarid
    November 18, 2009 at 12:13 am
  7. Kang Deni
    November 18, 2009 at 2:05 am

    film itu cuma mitos, hanya Alloh yang tahu kapan kiamat itu terjadi, tp kalau Anda ingin mandowload film-nya ada disaya thnks

  8. NICY
    November 18, 2009 at 3:21 am

    what????kiamat???percaya sich, tapi menurut ajaran agama saya, kiamat itu yang mengetahui hanya Sang Kuasa…jadi, gk perlu di khawatirkan,,.kita sebagai manusia hanya selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi semua itu.insyaAllah KITA BISAAAAAAAAAAA………….

  9. nophie
    November 18, 2009 at 3:57 am

    kiamat pasti datang, hanya saja kita tak tahu kapan…..yang penting gmn kita mempersiapkan utk menyambutnya

  10. rumah blogger
    November 18, 2009 at 5:18 am

    kalo urusan kiamat adalah rahasia Tuhan, cuma orang barat aja yg ngambil pendapat dari ramalan suku maya…

  11. sabirinnet
    November 18, 2009 at 5:20 am

    wah gimana ya sulit ngomong deh, padahal itukan urusan Allah, dan tidak ada yg tahu..kalo manusianya yg kiamat sih sudah kelihatan, hehehe

  12. lina@happy family
    November 18, 2009 at 7:21 am

    NASA juga sudah membantah semua kemungkinan teori2 penyebab kiamat, dari badai matahari sampai meteor jatuh ke bumi… Ngga usah jadi pikiranlah, ini mutlak urusan Allah

  13. bo13ok
    November 18, 2009 at 8:24 am

    Mari kita rajin membajak film hollywood agar mereka tidak diuntungkan dari isu kiamat, dan semoga dengan adanya isu ini banyak manusia yang bertaubat kembali ingat kepada-Nya

  14. Anonymous
    November 18, 2009 at 11:44 am

    Terlepas dari segala kontroversinya (terutama di indonesia) hikmah yg bisa diambil adalah semoga hal2 positif yg ada di film2 tersebut membuat iman kita bertambah dan bertambah, dan saya cuman bisa berkata artikel di atas sangat menarik.😀

  15. wafyes
    November 18, 2009 at 12:24 pm

    semua sudah ada yg ngatur sob,kadang percaya tp bnyak enggaknya,,, ck ck,, kalo kita mempercayai perkiraan manusia,sama juga kita syirik dunk sob,,, bangsa maya kan cuma menyembah patung,gak percaya sama allah,,, hehe,,

  16. gus Nur
    November 18, 2009 at 2:21 pm

    kiamat ??? sesuatu yang ghoib yang tiada satupun makhluk Allah yang tahu. Hanya sang Pencipta dunia ini yang Maha Mengetahui..

  17. ucin
    November 18, 2009 at 3:18 pm

    Pusing amat dengan kiamat….

  18. HAPIA Mesir
    November 18, 2009 at 3:49 pm

    maaf sob..jawabanya q taruh sini juga ya…perbedaan pendapat antara ulama hanya pada hukum cadar. wajib ataukah sunnah.berikut beberapa dalil tentang disyariatkannya cadar dalam Islam :Allah berfirman yg artinya :"Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir."(al-Ahzab : 53).ayat ini turun atas istri2 Nabi. akan tetapi mencakup semua perempuan2 muslimah,,karena kaedah tafsir mengatakan "ibrah(petunjuk) dengan keumuman makna,,dan bukan karena kekhususan sebab." Allah berfirman yg artinya :"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."jilbab dalam bahasa arab adalah kain yang menutupi seluruh tubuh.dari hadist :dari 'aisyah (istri Nabi) -rhodhiyallahu 'anha- berkata :"ketika 2 orang lewat kepada kami,,dan kami sedang bersama Rosulullah dalam pakaian ihram. maka setiap dari kami pun mengambil kain kerudungnya utk ditutupkan kewajah-wajah mereka. setelah 2 orang trsbt berlalu maka kami buka kembali."( HR ahmad, abu dawud, ibnu majjah dan yg lainnya)dalam hadist diatas telah jelas bahwa mereka menutupi wajah bukan karena debu..akan tetapi karena adanya orang laen..dan mereka membuka wajah kembali dikarenakan mereka dalam keadaan ihram (sedang berpakaian utk haji atw umrah).karena seorang perempuan ketika haji atau umrah dilarang utk mengenakan cadar..akan tetapi dlm kondisi kehidupan biasa..cadar adalah disyariatkan dalam Islam…wallahu a'lam

  19. suranegara
    November 18, 2009 at 3:59 pm

    hal2 seperti itu ga perlu lah kita besar2kan… lakukan aktifitas seperti biasa.. film tetaplah film… jangan sampai kita terpengaruh oleh hal seperti itu karena pada dasarnya hari kiamat itu hanya tuhan yang tahu. jadi mau percaya ma tuhan apa film??? God with Us

  20. Sarimin
    November 18, 2009 at 10:51 pm

    …ki amat… udah pergi ke Madura jualan sate kuda…🙂Berita Terkait:@ Ekspedisi Titanic 2010@ Perjanjian Dengan Setan

  21. secangkir teh dan sekerat roti
    November 19, 2009 at 6:29 am

    barangkalai, nanti kalender akan berubah kembali dari angka 0 dan 2012lah akan kiamat…

  22. Dhana/戴安娜
    November 19, 2009 at 7:18 pm

    salam sahabatartikel yg bagus semoga benar adanya dan menjadikan kita lebh dekat n memprsiapkan bekalnya amien…thnxs n good luck ya

  23. Lina Marliana
    November 19, 2009 at 9:40 pm

    jangan2 isyu ini berkembang cuma buat mempromosikan buku dan film2 itu..:D

  24. Dwi Wahyudi
    November 20, 2009 at 3:51 am

    Bagus banget artikelnya, numpang baca yach…

  25. suguh kurniawan
    November 20, 2009 at 7:14 am

    monopoli media kapitalis semakin nampak….para pemodal besar memanfaatkan momen 2012 ontuk meraup untung besar. mereka membuat film pembodohan 2012 bukan untuk membangun kesadaran tapi cuma untuk meraup keuntungan

  26. Facechan
    November 20, 2009 at 11:04 am

    Ah paling2 cuma berita gak bener biar Filmnya laris…Padahal alur cerita filmnya kurang mantap, cmn effectnya aja yg bagus.. alur ceritanya kagak…Nice info……

  27. RifkyPanzer™
    November 20, 2009 at 3:49 pm

    thanks komen komen nya ya teman2

  28. prafangga
    November 20, 2009 at 6:40 pm

    Ujung ujung nya duit, sukses nich sekenarionya.dibuat booming, baru booming juga bioskopnya.

  29. Alwi
    November 20, 2009 at 7:55 pm

    Dari pada komentar lewat Shoutmix terus tukeran link aja yuk ….. kalau disetujui ntar dikabari yaaa biar langsung saya linkback ….

  30. m4-88
    November 20, 2009 at 9:03 pm

    @prafangga,Facechan,suguh kurniawan, saya setujuh! ini salah satu propaganda media ampuh dari hollywood buat mencotrol dunia lewat tangan amerika, di film itu Amerika terlihat sebagai "hero" spt film2 lain nya..jadi anggap saja film disaster spt lain nya, masalah kiamat hanya kita yg bisa menolong diri kita sendiri..

  31. Dodi Faedlulloh
    November 20, 2009 at 11:46 pm

    Yang jelas kiamat itu semakin mendekat bukan menjauh ….Salam perubahan

  32. cah ndeso
    November 21, 2009 at 4:55 am

    mari kita senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SWT dengan tidak mempercayai apa yang telah menjadi sumber perpecahan dan sumber bencana ini

  33. Alwi
    November 21, 2009 at 5:00 am

    Link dah saya pasang di daftar linkLink saya mana yaaaa saya cek kok belum ada

  34. Facechan
    November 21, 2009 at 6:34 am
  35. rumah blogger
    November 21, 2009 at 7:24 am

    kalo menurut saya kiamat adalah urusan Tuhan, jadi kalo ramalan itu bisa dipercaya bisa juga tidak…

  36. sabirinnet
    November 21, 2009 at 7:26 am

    meskipun banyak yg tidak percaya, kok bioskop penuh terus yaa??

  37. RifkyPanzer™
    November 21, 2009 at 8:59 am

    @sabirinnet, semoga yang nonton dibioskop waktu keluar langsung bertobat hehehehe

  38. akhatam
    November 21, 2009 at 9:33 am

    Ramalan adalah sesuatu yang tidak bisa dinyatakan kebenarannya. Jadi tetaplah berlindung pada Tuhan selalu… Berdoa dan memohon semoga selalu selamat dunia dan akhirat…

  39. JOLA76
    November 21, 2009 at 2:15 pm

    Kiamat…hanya TUHAN yang tahu, kalo judul film tentang kiamat biar cepat balik modal

  40. RifkyPanzer™
    November 21, 2009 at 2:27 pm

    @Jola76, mungkin juga bro, soalnya kan tema lagi hot, apalagi para netters sudah g asing lagi sama 2012, ya istilahnya promosi gratis lah..hehehe

  41. sijagur
    November 22, 2009 at 10:09 am

    Nabi Muhammad pernah di tanya mengenai kapan hari kiamat akan datang… jawabannya adalah "jangan bertanya kapan kiamat akan datang.. tapi apa yang kamu persiapkan untuk menghadapi datangnya hari kiamat itu."

  42. ajrajr
    December 16, 2009 at 7:10 am

    seperti biasa, tidak ada satupun yang bisa memprediksi kapan kiamat terjadi

  43. October 16, 2010 at 11:24 am

    kita sebagai orang beragama tidak patut untuk memprediksi kapan kiamat terjadi dan bagaimana pun tanggal orang mexsico itu SAY NO TO domss

  44. May 26, 2014 at 11:28 am
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: