Home > Pengetahuan > Bagaimana cara kerja lie detector ?

Bagaimana cara kerja lie detector ?

You came to me,You said you were my friend.I shared my art and my mind. You found it easier,To steal than create.Then call it your’s, though it’s mine.You can’t fight, what is right,Face the truth, liar!You can’t feel, you just steal Face the truth, liar! yah itu sepotong lagu Yngwie Malmsteen dari album Trilogy yang judulnya Liar alias pembohong atau pendusta, semalem juga sempet ngikutin berita kasus bibit dan chandra hamzah yang konon saksi ari muladi mengaku diperiksa dengan mesin lie detector. Pernah nonton meet the parents kan? yang bintangnya Ben stiller, nah di film itu terlihat si ben di tes kebohongan oleh mesin lie detector oleh sang camer (robert de niro). Nah saya tertarik mengulas bagaimana prinsip kerja alat tersebut.sama dengan pesatnya teknologi, maka terdapat dua jenis pencatat kebohongan ini, yang berupa digital yang sudah terkomputerisasi dan ada yang berupa sebuah papan mesin portabel.
Poster film Meet the Parents
gambar sebuah mesin lie detector digital
Lie detector model portabel

Orang-orang berbohong dan menipu orang lain karena berbagai alasan. Paling sering, berbohong adalah mekanisme pertahanan yang digunakan untuk menghindari masalah dengan hukum, atasan atau figur otoritas. Terkadang, Anda dapat mengetahui bahwa seseorang itu berbohong, tetapi lain waktu mungkin tidak begitu mudah. Polygraphs, atau yang biasa disebut “detektor kebohongan/lie detector” adalah alat yang memantau seseorang melalui reaksi fisiologis.

Tampak bagian jari jari orang yang di tes di pasangi sebuah sensor yang terhubung ke mesin
Tampak diatas sensor sensor juga dipasang di sekitar dada dan lengan untuk mendeteksi nadi dan jantung
 

Sebuah instrumen poligraf pada dasarnya adalah kombinasi alat-alat medis yang digunakan untuk memantau perubahan yang terjadi dalam tubuh. seseorang akan ditanya tentang peristiwa atau kejadian tertentu, para pemeriksa (operator alat lie detector sekaligus biasanya seorang penyidik atau forensic psychophysiologist ) tampak melihat bagaimana detak jantung, tekanan darah, laju pernapasan dan aktivitas elektro-dermal (keringat, dalam kasus ini jari-jari) perubahan perbandingan tingkat normal. Fluktuasi mungkin menunjukkan bahwa orang ini sedang menipu atau berbohong. Lie Detector mendeteksi adanya kebohongan dari sistem gelombang. bila seseorang bohong maka gelombang akan bergetar cepat. sebaliknya jika seseorang jujur, maka gelombang tidak bergetar dengan cepat dan tidak terdeteksi oleh Lie Detector

Saat seseorang melakukan sebuah tes kebohongan, maka orang tersebut akan dipasangkan 4 sampai 6 sensor, dan dihubungkan dengan sebuah gambar grafik yang menunjukkan hasil hasil dari pertanyaan yang diajukan. Sensor sensor tersebut biasanya merekam aktifitas seperti yang disebutkan diatas. Kadang-kadang poligraf juga akan mencatat hal-hal seperti gerakan lengan dan kaki.

Ketika tes poligraf dimulai, sang investigator atau penanya akan memberi 3-4 pertanyaan yang simpel dan sederhana dengan jawaban yang diketahui dengan tujuan untuk membentuk suatu fisiologis “dasar.”. setelah itu beranjak ke pertanyaan berat yang kemudian indikatornya bisa ditampilkan dalam sebuah grafik naik turun mirip sebuah sesimograph pencatat gempa.

keterangan gambar
Tampak diagram yang ditampilkan dalam bentuk garis garis yang menandakan alur pernafasan kita ( respiration rate)
Line kedua adalah bagaimana kondisi ujung jari kita saat tes berlangsung ( mengcakup keringat yang ada di jari)
dan line ketiga adalah kondisi tekanan darah pada saat pemeriksaan
Berikut sensor sensor yang terpasang ke tubuh kita saat melakukan sebuah tes kebohongan:
1. Sensor Respiratory rate (pneumographs), berwujud tabung karet yang berisi udara dan di ikatkan mengelilingi area perut/dada. Ketika dada atau otot-otot perut mengembang, udara di dalam tabung dipindahkan dalam bentuk grafik pada layar. Tanda di kertas bergulir jika subjek mengambil napas. Poligraf digital juga menggunakan pneumographs, tetapi menggunakan transduser untuk mengubah energi udara yang dipindahkan ke sinyal elektronik.
2. Sensor Tekanan darah. Sebuah alat pengukur tekanan darah ditempatkan sekitar lengan (mirip alat tes tekanan darah pada medis). alat ini mencatat perubahan-perubahan dalam tekanan darah dan dengan sebuah alat data tersebut dikirim dan dimunculkan dalam Grafik.
3. Galvanic skin resistance (GSR). Ini juga disebut pencatat aktivitas elektro-dermal dan pada dasarnya adalah pengukur dari keringat di ujung jari anda (di pasang 2 sensor di ujung jari anda). Ujung jari adalah salah satu daerah yang paling berpori pada tubuh dan indikasinya adalah jika kita berkeringat maka kita sedang dalam tekanan dan alami muncul disaat orang berbohong. Fingerplates yang disebut galvanometers, melekat pada dua dari jari-jari subjek. sensor ini mengukur kemampuan kulit untuk menghantarkan listrik. Ketika kulit terhidrasi (seperti keringat), itu menghantarkan listrik jauh lebih mudah daripada saat kering dan semua data data ini tercatat pula di grafik.
Demikian artikel singkat saya ini semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Categories: Pengetahuan
  1. ipan-bukan-superpel-akujuga bisa-masak
    November 6, 2009 at 8:47 pm

    pertamax..nice inpo gan bangett..bener akurat gak ya gan hasilnya..?"Orang-orang berbohong dan menipu orang lain karena berbagai alasan. Paling sering, berbohong adalah mekanisme pertahanan yang digunakan untuk menghindari masalah dengan hukum, atasan atau figur otoritas <– like it.

  2. RifkyPanzer™
    November 6, 2009 at 8:52 pm

    yang jelas gan, sekarang sudah banyak teknis ngibulin nih mesin detektor dengan latihan khusus, so mengenai akurasi? masih dipertanyakan dalam beberapa kasus

  3. RagieL
    November 7, 2009 at 12:42 am

    Seharusnya ini dipake buat ngecek para penegak hukum kita, siapa yang benar? Jayalah Indonesia dan binasalah para KORUPTOR . | Kerja Mbah Gendeng | Mengembalikan Jati Diri Bangsa

  4. KANDANGTips
    November 7, 2009 at 8:27 am

    Who… Maaf bro masih minim kemampuan B. Inggrisnya nih. Thanks YY!!

  5. EKLMND
    November 7, 2009 at 4:39 pm

    kalau melihat prinsip kerja alat ini, maka orang berkata jujur pun bisa terindikasi berbohong karena bisa saja dia sedang berada di bawah tekanan. jadi, sebenarnya alat ini memiliki banyak kemungkinan untuk direkayasa hasilnya.

  6. Zippy
    November 7, 2009 at 4:55 pm

    Weleh..gitu to cara kerjanya..Mantep ni infonya…Oh..ya, makin canggih aja ya berkat teknologi…Nipu aja bisa ketahuan, hehehe…

  7. KucingTengil
    November 7, 2009 at 11:05 pm

    andaikan aja ada mesin lie detektor yang mini atau portable gitu ya…

  8. ndutyke
    November 8, 2009 at 2:39 am

    halo mas, kebetulan kapan hari ada murid yg presentasi mengenai LIE DETECTOR juga, tradisional punya,.. ala the ancient chinese. btw, ini sumber artikelnya dimana ya? sumber foto-fotonya kok ga ada linknya? aku suka foto-fotonya, jadul banget. pengen nyari siapa tau di sumber artikelmu ada lebih banyak foto jadul lainnya, hehehe… vintage gt loh.

  9. RifkyPanzer™
    November 8, 2009 at 7:34 am

    Terima kasih temen2 yang dah urun komentar disini, untuk @EKLMD, tidak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi, karena dalam keadaan under pressure, seseorang pasti secara fisiologis mengeluarkan keringat dan bisa saja oleh alat ini dibaca sebagai sebuah tindakan kebohongan. dan alat ini pasti digunakan setelah mencapai level tertentu pada penyidikan, jadi kecil kemungkinan menghadapkan orang yg tak bersalah ke mesin ini

  10. RifkyPanzer™
    November 8, 2009 at 7:36 am

    @ndutke, artikel nya saya susun dari banyak sumber, lupa lagi saya coz g sempet nyimpen linknya, yang jelas wikipedia, BBCnews dan Howstuffworks.com. kalau gambar yang jadul itu, saya lupa, nyari di google waktu itu, coba aja cari disana pakai kata cari " Lie detector"

  11. moenas
    November 8, 2009 at 9:47 am

    wessss mantabb broww infonya,,,salam kenal ya

  12. Reza Fauzi
    November 8, 2009 at 12:45 pm

    oh jadi gitu ya cara kerjanya… hebat

  13. hendrie k_bejo
    November 8, 2009 at 12:58 pm

    Hi,I like your article and all the great tips that are mentioned on it, it has really helped out. Thanks for share the information.I hope you can visit my blog and give me suggestion.Thanks again.

  14. Hendra Lesmana
    November 8, 2009 at 5:18 pm

    lha paragrap pertama lirik, gwe pikir mau terus bahas lirik ;))thanks dah mampir di gubuk mayaku bro, salam hangat ~o)

  15. Kang Deni
    November 9, 2009 at 3:46 am

    ohh gitu yach cara kerjanya baru tahu saya

  16. Wieche Irianto
    November 9, 2009 at 3:59 am

    wah kl ada yg jual dimana ya, ….harganya berapa

  17. rumah blogger
    November 9, 2009 at 5:29 am

    pake aja untuk memeriksa pejabat polri dan kpk yang bermsalah itu, jadi ketahuan siapa yg bohong!

  18. sabirinnet
    November 9, 2009 at 5:30 am

    kira2 itu yg dipake Polri ya???

  19. sawali tuhusetya
    November 9, 2009 at 1:47 pm

    wah, terima kasih banget infonya nih, mas rifky. lie dietector sekarang menjadi perbincangan publik ketika digunakan aparat kepolisian ketika mendeteksi kesaksian ary muladi. hmmm … makin canggih nih perkembangan teknologi sekarang ini.

  20. Lina Marliana
    November 9, 2009 at 5:32 pm

    Pengetahuan baru nih…Ohh..ari muladi diperiksa menggunakan alat ini yah ? trus gmn hasilnya ?? lama seh aku udah ga ngikuti berita cicak n buaya lagi… Kayak sinetron yang alur ceritanya mbulet.. jadi males..

  21. goresan lia
    November 10, 2009 at 7:20 pm

    kayaknya lie dtector pun tak mampu membaca kebohongan. Kalau orangnya udah terlatih pasti lolos deh. Benar atau tidaknya, bohong atau jujur tergantung nuranimu masih mau lurus atau bengkok

  22. mamo
    November 10, 2009 at 8:28 pm

    manusia selalu memiliki akal untuk mengakali alat apa pun haha haha..

  23. RifkyPanzer™
    November 10, 2009 at 8:32 pm

    thanks buat temen2 yang udah komen, disini saya hanya membahas bagaimana prinsip2 kerja nya saja, tapi mengenai tingkat akurasi bisa berbeda beda, terbukti memang ada cara/tutorial khusus untuk mengelabuhi mesin ini..manusia mmg cerdik dan betul kata @goresan lia,kalau hanya nurani lah yg tak berbohong..@Lina..untuk hasil lie detector untuk ari muladi kayaknya belum pernah denger, mungkin bukan untuk konsumsi publik dan mungkin juga ada niatan lain, saya gak tahu hehehehesekali lagi terima kasih banyak buat teman2 yang komentar disini

  24. yroma PR3
    November 11, 2009 at 6:00 am

    nice info. visit with smile🙂

  25. Alwi
    November 11, 2009 at 11:54 am

    Posting yang keren ….tapi akurat gak yaaaaa…..

  26. paidh.
    February 15, 2016 at 3:14 pm

    Ah,,,buktinya jessica kumala wongso lolos dari Lie detector,,tp hebatlah kalau dia yg membunuh mirna tp bs lolos dri alat ini,,,,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: