Home > Pengetahuan > Sekelumit data tentang kapal induk (carrier ship)

Sekelumit data tentang kapal induk (carrier ship)

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi angkatan laut sebuah negara bisa mengoperasikan armada Kapal Induk (carrier), karena hal tersebut berarti mensejajarkan diri dengan angkatan laut elit dunia lain nya seperti AL Inggris, AL Prancis, AL Amerika, AL Itali, AL India, AL Russia, AL Thailand, AL Brazil serta AL Spanyol. mengoperasikan Kapal induk membutuhkan biaya (sekitar US $ 4,5 miliar.) yang sangat besar dan mungkin hanya bisa di operasikan oleh negara berekonomi mapan saja. Dalam tulisan ini akan saya informasikan sedikit tentang kapal induk semoga informasi nya bisa menambah pengetahuan anda semua.

 admiral kuznetsov kapal induk milik Russia, terlihat kapal induk ini menggunakan konfigurasi ski Jump (kemiringan 12 derajat) pada bagian depan kapal, dan juga flat deck ( perbesar gambar)
 -Kapal induk terdiri dari 3 jenis jika dilihat dari jenis penggeraknya, yaitu berpenggerak nuklir, Diesel dan turbine.
-Kapal induk sedikitnya menampung 6,000 crew dan 70 hingga 80 pesawat.
-Kapal induk dirakit paling tidak terdiri dari 1.milliar component yang terintegerasi menjadi sebuah konstruksi kapal.
-Kapal induk memiliki panjang berkisar 1000 feet (300-an meter)
-Kapal induk tidak pernah berlayar dilaut lepas seorang diri, kapal induk memiliki sebuah grup armada yang terdiri dari kapal perusak, kapal penjelajah, kapal korvet, kapal suplai makanan,air dan bahan bakar, serta sebuah submarine ( kapal selam)
Gambar USS Nimitz yang berlayar dalam “convoi” bersama USS Princeton dan USS bridge
-Mendarat dengan pesawat di kapal induk merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para penerbang, karena menggunakan Hook (pengait) dan pada saat turun ke geladak pesawat tidak mengurangi kecepatan, justru mempercepat pesawat untuk menghindari landing failure sehingga pesawat bisa terbang lagi bila hal tersebut terjadi.
Sebuah F-14 Tomcat sedang berusaha landing, terlihat pengait pada pesawat (hook) berusaha mengaitkan pada tali untuk membantu pengereman pesawat, jika hal ini gagal pesawat harus terbang lagi dan bila tidak pasti akan tercebur ke laut.
-Pada kapal induk amerika, pekerja di atas kapal menggunakan rompi berwarna warni khusus untuk mengetahui tugas mereka. contohnya petugas berompi merah bertugas memasang bom dan rudal ke tubuh pesawat terbang, rompi kuning sebagai pemandu dan pengarah pesawat, rompi putih sebagai crew pemberi tanda pendaratan, rompi cokelat sebagai air wing plane captain, rompi ungu sebagai petugas pengisi bahan baker, rompi hijau bertanggung jawab pada instalasi katapel untuk pendorong pesawat serta fotografi dan urusan cargo, serta rompi biru yang bertugas mengurus pesawat serta operator elevator pesawat, supir traktor dan juga penghubung.
tampak crew rompi kuning (pemandu pesawat) sedang bertugas mengatur penerbangan pesawat
– Sebuah kapal induk bertenaga nuklir dapat berlayar tanpa pengisian bahan bakar selama 20 tahun.
– “island” adalah sebutan bagi tower komando yang terletak diatas geladak, tinggi nya berkisar 46 meter dan lebar 6 meter.
Pada bagian inilah pusat komando dilaksanakan
– Ada dua jenis konfigurasi geladak pendarat yaitu versi Flat deck dan deck sky Jump ( digunakan untuk pesawat Short take off and landing/ STOL dan Vertical take off landing/ VTOL biasanya dihuni oleh armada pesawat Harrier atau Yakovlev (russia/soviet).
Sebuah Harrier sedang bersiap terbang dengan bantuan ski jump 
-Untuk terbang, pesawat di dorong oleh sebuah “catapult” bertekanan tinggi yang akan menyeret dan melempar pesawat terbang untuk memperpendek jarak take off.
Seorang crew tengah memeriksa kesiapan catapult, terlihat crew menggunakan rompi hijau yang bertugas sebagai operator catapult.
Crew sedang mengecek kesiapan catapult
  1. Flight deck
  2. Runway (approx. 100 meters or 300 feet)
  3. Towrope
  4. Bring back mechanism for the catapult sledge
  5. Waterbrake cylinder
  6. Arrangement of pistons
  7. Launch valve
  8. Influx for high pressure steam
  9. Hydraulic cylinder for cable bring back control
diagram bagaimana catapult berkerja dengan sistem tekanan
– Selain menggunakan “hook” untuk mendarat, pilot di pandu oleh sebuah lampu yang berada di deck kapal untuk memposisikan pesawat yang akan mendarat pada sudut dan posisi yang aman. Lampu pemandu tersebut disebut “meatball” (meatball letaknya disebelah kiri runaway deck)

Operator mengoperasikan meatball guna memandu pesawat pesawat yang akan mendarat masuk dalam sudut yang aman
Diagram meatball dalam menentukan aman atau tidaknya sudut pesawat terhadap deck pendarat
-Hangar pesawat yang terletak di bawah deck dibuat tahan ledakan dan tahan api dan terdapat lift yang tugasnya mengangkat pesawat ke atas deck peluncur.
Hangar yang sangat luas
-Kapal induk dilengkapi dengan berbagai missile untuk pertahanan diri (defence) antara lain seperti Phalanx dan seasparrow (dua missile yang ada di kapal induk amerika)
Seasparrow Launch
– Kapal induk bisa memiliki bobot berkisar 15.000 – 90.000 ton
Diagram Perbandingan berat kapal induk
– Selain bertampang sangar, di dalam kapal induk juga memiliki fasilitas lain seperti bar, bioskop, ruang medis, fasilitas olahraga dll.

– Jet blast deflectors, berfungsi sebagai penahan ledakan agar tidak mengenai pesawat yang ada dibelakangnya, saat persiapan peluncuran pesawat, pesawat dalam keadaan terkait dengan catapult dan jet blast deflector dalam posisi terangkat dan posisinya tepat dibelakang ekor pesawat. biasanya terdapat empat Jet Blast deflector dalam sebuah kapal induk.
Jet blast deflector dalam posisi standby

– Diagram sebuah kapal induk Amerika
 
klik untuk memperbesar gambar 
 1-4    Catapult #1 – #4
5-8    Aircraft Elevator #1 – #4
9    The Barrier. That’s a huge net that is used to land planes if they are not able to accomplish a conventional landing.
10    The “Junkyard”. That’s the area aft of the island where the tractors, fire engines and the crane (the “yellow equipment”) are parked.
11    The “Hummer Hole”. That’s the area next to the island where the E-2C and C-2 planes are parked.
12    The “Street”. That’s the space between Catapult #1 and #2.
13 / 14    The “Rows”. These are the areas right of Catapult#1 and left of Catapult#2 where F/A-18s are parked in rows during landing operations.
15    The “Finger”. That’s the small area aft of Elevator #4 where a single plane can be parked.
16    The “Ramp”. That’s the beginning of the flight deck at the stern of the carrier. If a plane crashes into the carrier’s stern during its approach it’s called a “Ramp Strike”.
17    The “Bomb Farm”. That’s the area between the island an the rail where bombs and missiles are stored during flight operations. From there they are brought to the aircraft.
18    The “Crotch”. This is the place where the angled deck ends and the port bow begins.
19    The “Meatball”. See down below to read more about it.
20-23    Jet Blast Deflector#1 – #4. See down below to read more about it.
24    The “Six Pack”. That’s the area where the row of planes is parked along the ‘foul line’.
25    The “Corral”. That’s the area in front of the island: from the ‘foul line’ on the left, all the way up to elevator#1.
26    The LSO platform. From this platform the Landing Signal Officers control the approaches of the incoming planes.
Dengan sedikit data data diatas jelaslah terbukti bagaimana sebuah kapal induk merupakan moving defence atau mungkin bisa di sebut benteng bergerak, dengan kekuatan yang masif dan juga grup yang terdiri dari kapal pendukung yang selalu siap mengamankan kapal induk kemana saja dari ancaman rudal musuh. memang sudah tentu budjet yang dikeluarkan sangatlah besar untuk mengoperasikan grup tempur ini, perlu kemapanan ekonomi sebuah negara. Selain sebagai elemen tempur, kapal induk seringkali digunakan untuk misi kemanusiaan seperti yang terjadi saat Tsunami Aceh beberapa waktu silam ( USS Abraham Lincoln ) dan HMAS Kanimbla( Australia), selain itu terkadang kapal induk digunakan sebagai elemen penggertak untuk memaksa sebuah negara untuk tunduk terhadap keinginan AS ( mungkin hal itu yang terjadi saat USS Carl Vinson memasuki wilayah Indonesia saat presiden Megawati berkuasa). terlepas dari apa fungsi nya, kapal induk merupakan sebuah mahakarya besar abad ini. semoga informasi ini menambah pengetahuan kita bersama, Salam.

Foto Foto lain:
kapal Induk India INS.Virat 
 
Kapal induk Italian cavour
HTMS Chakri Naruebet Thailand
 

kapal Induk Sao Paulo Brazil

Kapal Induk HMS invincible milik Navy kerajaan Inggris

 
French aircraft carrier Clemenceau
Kapal induk Spanyol Principe de Asturias

Categories: Pengetahuan
  1. mie-ayam-itu-enak
    September 29, 2009 at 5:26 pm

    pertamax..!!!nais inpo banget gann…!!!

  2. talitakum team
    September 30, 2009 at 3:32 pm

    andai saja indonesia punya 1 kapal induk…tapi apakah ini hanya sekedar mimpi ya….

  3. RifkyPanzer™
    October 2, 2009 at 7:03 pm

    @talitakum, minimal nya sih kalo menurut gw punya 4 malahan bro hehehe 2 kapal induk di Armada barat, dan 2 lagi di armada timur..hehehe apa daya 1 saja tak mampu.

  4. benny
    October 4, 2009 at 11:41 am

    kyknya susah kalo indonesia punya 1 apa lagi 4, BBM aja udah susah belinya, apa lagi untuk memenuhi bahan bakar kapal induk ini kan bahan bakarnya nuklir.

  5. RifkyPanzer™
    October 4, 2009 at 2:10 pm

    @benny, itulah..kalo realita disini dibenturkan sama kebutuhan, bakalan mentok hehehehe thanks dah komen disini bro

  6. muislife
    October 14, 2009 at 10:12 am

    Kapan indonesia punya kapal induk yach….

  7. alief yussofa
    October 16, 2009 at 5:51 pm

    bagaimana klw pulau kecil2 di Indonesia itu di kasih mesin biar jalan…??kan mirip kapal induk tu…he..he..he..

  8. REZA
    November 3, 2009 at 4:33 am

    nti kt bwt 8 kpal induk berat 1 kapal bermuatan muatan 160 pesawat,16 kapal induk ringan 1 kapal bermuatan 80 pesawat ,5 battle ship kelas yamato..biar takut negara laen ama kita..

  9. ilham
    May 26, 2010 at 6:15 am

    indonesia punya ngak ya????

    mdah mdahan indonesia cepet punya kapal induk dah… byar ngak di injek2 ma negara lain…..

  10. June 18, 2010 at 6:33 am

    indonesia kan banyak hutannya bikin aja kapal induk dari kayu, jadinya kaya “giant Rakit” gitu deh

  11. david
    October 12, 2010 at 8:05 am

    indonesia oh indonesia hanya bisa gigit jari dari pada beli alutsista yang mahal lebih baik uang nya buat koroupt berjamaah.iyo kan para pejabat??????????

  12. luhut
    October 16, 2010 at 5:16 pm

    nanti kt buat 1 kapl induk buat indo. yg memiliki 200 f16. 200 pesawat siluman, n200 dll…, indo super power

  13. 4rif
    December 7, 2010 at 2:11 am

    kapan2 gan indonesia punya kapal induk.. cuma bisa berharap dan bermimpi.. negara kepulauan yang lemah dikepulauan, Siapakah ITU ??

    • dr.nurdin
      January 23, 2011 at 4:38 am

      indonesia ya pasti gak bisa BELI LHA WONG SUSILO YUDHOYONO BAMBANG ATAU SBY , MEGAWATI ITU SUPERRRR GUUUBLOOOOOKKKKKKKK,,,,PRESIDEN ALIAS ASU ANJING

  14. jay
    December 18, 2010 at 10:10 am

    lok indonesia ngk perlu kapal induk.kita punya banyak pulau yang bisa dijadikan sebagai markas/benteng pertahanan.karang tinngal pak beye.punya duti ngk.lok duit negara ini untuk anggota dewan yang terhormat aja ya kita hanya bisa gigit jari aja.gimana mas

  15. zent
    February 25, 2011 at 12:03 pm

    indonesia itu berthap membuat kapal induk…
    skrang kan pt pal uda bisa membuat pakal induk meskipun kapal indiuk kecilll bual helli dong…
    tapi q bangga krna uda bsa buat kapal induk sndri….
    trus bangkitkan alutista indonesia ….

  16. MG-42
    August 11, 2011 at 6:55 am

    jangankan 4….6 jg bisa terlaksana. Yang menjadi permasalahan,apakah sby n para koalisi serta aparatur negara (Polri,Jaksa,Hakim,Pns, dsb) siap untuk tidak melakukan korupsi.
    Gampangkan……..

  17. July 11, 2012 at 4:59 pm

    indonesia bisa memmbuat kpal induk sendiri asal mau bekerja keras dan mengatur anggaran nrgara agar tidak dikorupsi

  18. October 25, 2012 at 5:47 am

    MIMPI INDONESIA PUNYA KAPAL INDUK

  19. April 3, 2015 at 5:06 pm

    ayo indonesia, kapan lagi ???

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: