Home > Pengetahuan > X-51 Waverider Rudal Jelajah masa depan AS

X-51 Waverider Rudal Jelajah masa depan AS

Bagi AS punya seabreg armada rudal jelajah Tomahawk belumlah cukup. Mereka menganggap gerakan arsenal penghancur masal ini masih kelewat lambat. “Kami butuh senjata yang bisa melesat lima kali lebih cepat dari semua senjata yang ada sekarang,” ujar Letjen. Robert Kehler, deputy commander dari Komando Strategis AS. Tak perlu berlama-lama. Kehler mengakui kalau saat ini AS sedang mengembangkan rudal jelajah berkecepatan hipersonik. Salah satu kandidatnya adalah X-51.

Punya panjang sekitar 14 kaki (4,2 m) rudal berjulukan WaveRider mi masuk golongan arsenal eksotis dan high-tech. Dengan hidung bersudut, flaps di bagian tengah serta inletdi ba-wah perut, sosoknya merupakan gabungan antara wahana angka-sa luar dan rudal jelajah masa depan. Jangan heran bila Penta­gon mematok X-51 WaveRider baru bisa beroperasi satu dekade ke depan. Uji terbang dilakukan paling cepat pada 2008.

Image and video hosting by TinyPic
klik untuk memperbesar gambar
Bicara tentang kecepatan, disinilah kunci dari kesaktian X-51. Dalam kondisi normal rudal mampu melesat hingga kecepat­an Mach 5. Atau bila dihitung sekitar tujuh kali lebih cepat ketimbang Tomahawk. Dalam penerapan di lapangan jika di-lontarkan dari Laut Arab menuju target di timur Afghanistan, X-51 hanya butuh 20 menit saja buat merampungkan misinya.

Bagi orang awam, proyek pengembangan X-51 terkesan mengada-ada. Maklum, selama ini penerbangan hipersonik dianggap hanya berlaku pada penerbangan luar angkasa atau rudal balistik. Pentagon punya alasan yang menjamin program X-51 bakal melenggang tanpa hambatan. Pada 2004 NASA berhasil melakukan uji coba pe-nerbangan level dengan kecepat-an hipersonik pada wahana X-43A. Berbekal mesin ramjet, wa­hana tadi mampu melesat hingga Mach 10. Alias dua kali dari syarat kecepatan minimal X-51. Berbekal ilmu dari NASA, Pentagon tinggal melakukan pembenahan. X-51 Waverider nantinya bakal dikemas kompak hingga seukuran JASSM (Joint Air to Surface Standoff Missile). Tujuannya tak lain agar bisa diusung jet-jet berukuran kecil.

Image and video hosting by TinyPic

Sementara untuk urusan bahan bakar tetap memakai standar AB AS yaitu JP-7. Alhasil bisa di-simpulkan, X-51 memang bu-kanlah sekadar proyek mimpi. (from Angkasa)

Categories: Pengetahuan
  1. Sarimin
  2. mamo
    June 5, 2009 at 8:53 am

    selamat leanda masih yang keduuaxhttp://i40.tinypic.com/2gsfhtt.jpg

  3. ithohito_tyoreza
    June 5, 2009 at 3:31 pm

    ketiakkkkkk…eh ketigakkkk broo…nice..nice…nice..ntr klo jln2 psn itu j

  4. Anonymous
    June 7, 2009 at 11:16 am

    heran neh si ameringa srengat, negaranya bikin bom, rudal, senjata pemusnah masal seenaknya tp giliran negara laen bikin bom/rudal/senjata dgn skala kecil aja udah kelabakan setengah mampet… negara adidaya yang gak gentle, penakut, takut teknologi militernya kalah saingan ama mereka…

  5. Trigger_head
    June 7, 2009 at 11:22 am

    @atasitulah hebatnya AS. negara yg selalu merasa tak aman hidup di bumi, sedikit2 kwatir ancaman, sedikit2 kwatir ancaman, ancaman kok sdikit sdikit, wakakakaka, fuck AS

  6. ADA Grosir
    June 18, 2009 at 11:22 am

    kapan Indonesia punya teknologi semaju AS ya??

  7. Anonymous
    August 4, 2009 at 11:24 am

    hehe… baguslah itu memncing negara yang sok-sok jaga perdamaian mau maju bukan ngurusin dana2 yang do korupsi ama anggot dpr t a i.yang kuat itu yang hidup bro , biar sadar lo semua yang sirik nga jelas. makanya jangan jadi orang bego boy

  8. Download pc media antivirus
    November 20, 2009 at 4:22 am

    Gila, keren banget bro!

  9. Anonymous
    January 13, 2010 at 10:51 am

    (disconnectted)….makin gila ae amrik.negara yg selalu hidup dalam ketakutan.biang keroknya kan dia sebenernya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: