Home > Pengetahuan > Bagaimana Menerbangkan Helicopter

Bagaimana Menerbangkan Helicopter

Secara umum prinsip aerodinamika pada helikopter sama dengan pada pesawat sayap tetap (fixed-wing). Bila aliran udara (airflow) pada fixed-wing mengalir melalui aerofoil yang ada pada sayap, pada helikopter airflow mengalirmelalui baling-baling yang berfungsi sebagai sayap. Itu sebab, helikopter dikenal pula sebagai rotary wing aircraft. Pada helikopter, setiap titik di sepanjang baling-baling rotor utama atau main rotor blades (M/R blades) menghasilkan gaya angkat (lift) yang bervariasi. Lift terbesar ada pada ujung terjauh baling-baling. Gaya yang mengangkat helikopter adalah resultante lift yang dihasilkan di atas main rotor shaft (M/R shaft) atau poros rotor utama. Umumnya, di bawah M/R shaft’m pula terdapat titik berat atau Center of Gravity (CG) helikopter.
Bayangkan helikopter yang sedang mengudara.PutaranM/R Blades akan membentuk main rotor disc (M/R disc) dengan M/R shaft sebagai pusat. Disebut disc, karena saat berputar M/R blades akan membentuk seperti kerucut terbalik.

Putaran M/R blades akan menghasilkan lift (daya angkat). Namun, laiknya baling-baling berputar satu arah, Hukum II Newton memungkinkan terjadinya efek puntir atau torque effect. Efek ini membuat badan pesawat berputar ke arah berlawanan dari arah gerak M/R blades. Jika baling-baling berputar searah jarum jam, efek puntir akan menyebabkan badan pesawat berputar ke arah sebaliknya. Mengingat jika dibiarkan penerbangan menjadi tak aman dan nyaman, perancang helikopter memasang baling-baling rotor ekor atau tail rotor blades (T/R blades). T/R Blades selanjutnya berfungsi sebagai anti-torque effect. T/R Bladed sendiri ada dua tipe, yakni tipe dorong (push type) atau tipe tarik (pulltype). Dengan push type, resultan gaya yang dihasilkan T/R disc mendorong pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque. Sementara dengan pull type, resultan gaya yang dihasilkan akan menarik pesawat untuk menghasilkan efek anti-torque.

Pada beberapa jenis helikopter, torque effect tidak diredam dengan T/R Blades tetapi dengan Rotor Blades kedua yang dipasang di belakang, di samping, atau di bawah M/R blades dengan arah putar saling berlawanan. Contoh yang dipasang di belakang diterapkan pada heli CH-46 Sea Knight, di samping pada Kaman HH-43B Huskie, dan di bawah seperti pada Kamov Ka-50 Hokum-A.

Arah gerak helikopter akan sangat tergantung dari besarnya pitch atau sudut antara posisi M/R blades saat berputar dengan garis horizontal atau sumbu lateral helikopter.

Image and video hosting by TinyPic


BERIKUT JENIS KEMUDI HELIKOPTER:
• Cyclic Stick
Kemudi berbentuk tongkat ini umumnya terletak di depan penerbang, di antara kedua kaki. Gerakan cyclic stick a kan mengubah besar sudut M/R blades secara keseluruhan. Akibatnya, arah M/R disc akan berubah, yang seianjutnya akan mengubah arah gerak helikopter. Jika tongkat digerakan ke kiri. M/R disc akan mengarah ke kiri, dan helikopter pun akan terbang ke kiri. Begitu seterusnya.

• Collective Pitch Control
Umumnya terletak di sebelah kiri pinggul penerbang. Fungsinya, untuk mengubah sudut M/R hladessecara individual yang seianjutnya akan membuat lift pesawat berubah. Jika collective pitch dinaikkan, lift akan bertambah, dan helikopter akan membumbung.
• Rudder Pedal
Diletakkan di sekitar kedua telapak kaki penerbang. Pedal-pedal ini biasa diinjak untuk mengubah sudut T/R blades. Arah gaya yang dihasilkan putaran T/R blades akan menentukan arah badan pesawat, ke kiri atau ke kanan. Bila sudut T/R blades netral, pesawat akan terbang stabil.

Helikopter akan mengarah terbang ke arah sudut pitch paling rendah. Sudut yang memungkinkan helikopter terbang ke depan, ke samping, atau ke belakang biasa disebut cyclic pitch. Sementara jika pitch dibuat sama, gerakkan yang dimungkinkan hanyalah ke atas dan ke bawah. Jika secara kolektif, sudut pitch dibuat mengecil, helikopter akan turun. Sedang jika secara kolektif, pitch dibuat membesar, helikopter akan membumbung. Itu sebab, sudut yang biasa dipakai untuk terbang hover disebut collective pitch.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic


Klik Untuk memperbesar gambar

Categories: Pengetahuan
  1. Devil666
    June 1, 2009 at 12:58 am

    mantabbbbb!!!

  2. RifkyPanzer™
    June 1, 2009 at 9:11 pm

    Tertarik menerbangkan heli?

  3. ithohito_tyoreza
    June 3, 2009 at 5:05 am

    ud prnh nrbngin heli y Rif…klo q pngen nrbngin siluman…heheheheheheeeee

  4. RifkyPanzer™
    June 3, 2009 at 8:34 am

    tyo,kalo naik heli pernah, nerbangin belum

  5. Anonymous
    June 13, 2009 at 12:12 pm

    Kalo saya sering naik Heli… Cak…Kelimax…..

  6. Anonymous
    June 13, 2009 at 3:08 pm

    gw pengen naik heli tapi gak pakai jatoh..hiks hikss

  7. Yadi Aja
    June 29, 2009 at 3:12 pm

    gw Edi please minta tolong dch jelaskan secara detail dgn gambar tentang cara kerja cyclic, sehingga sebuah putara baling2 yg begitu cepat bisa di putar miring terhadap poros pemutar,… thanks ya teman2. email gw; redbul.4646@yahoo.co.id

  8. Anonymous
    October 30, 2009 at 2:09 am

    aku arief, ank smk warga surakarta, mau tanya . apa bisa membuat helikopter,dengan menggunakan mesin sepeda motor????karena aq tertarik pengen membuat……

  9. RifkyPanzer™
    October 30, 2009 at 4:17 pm

    @arief, wah bagus saya suka anak muda yang kreatif!! salut deh, untuk membuat helikopter, sebenernya yg diperlukan adalah mesin sebagai sumber tenaga dan juga jangan lupa untuk tidak mengabaikan konsep utama kerja heli seperti masalah efek torsi dan juga prinsip kerja pada tail rotor. ada loh anak muda di china yang membuat helikopter dari mesin sepeda motor, yah kalo bro arief serius buat aja dulu skala kecil, yah seukuran mainan dulu untuk prototipe untuk memastikan kerja heli sesuai kaidah kaidah yg ditulis diatas, selamat berkarya!!

  10. Danang H
    November 20, 2009 at 4:26 pm

    Thanks banget bro… Jadi tambah ilmu nich.. Apakah cara2 itu juga sama utk tipe Bell 412, BO 105?Pengen tau dunia helikopter, bagaimana dan apa aja jenis/tipenya (yang versi sipil).. Syukur punya info pendidikan pilot helikopter di indonesia. Soale kalo mampu pengen punya. Hehehe..SalamDanang H

  11. Festival Museum Nusantara
    December 26, 2009 at 4:41 pm

    iseng2 cari gambar helicopter ketemu blog ini. makasih mas untuk gambar2nya… salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: