Home > berita dalam negeri > Daftar kecelakaan udara sepanjang 2009

Daftar kecelakaan udara sepanjang 2009

Kecelakaan moda transportasi udara (pesawat dan helicopter) beruntun terjadi di Indonesia 2009 ini, melibatkan operator sipil maupun militer, cukup di sayangkan hal hal tersebut terjadi berulang kali yang membuktikan buruknya kualitas keamanan penerbangan kita, sebetulnya Pesawat merupakan moda transportasi yang sangat sangat safety, hanya saja perlu pengawasan ketat dan pemeliharaan secara berkala sehingga pesawat bisa terbang dengan aman. berikut saya kutip beberapa kejadian kecelakaan transportasi udara kita yang diambil dari sumber Kompas, semoga saja daftar daftar tersebut tidak bertambah panjang dan bisa dijadikan pelajaran bagi semua pihak yang berkecimpung di dunia penerbangan baik operator maupun regulator, karena ini bukan saja menyangkut nyawa manusia, baik penumpang atau mungkin manusia yang berada di daratan yang mungkin saja tertimpa pesawat.

16 Januari 2009
Merpati Nusantara Airlines jenis Boeing 737-400 jurusan Makassar-Timika pecah ban di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
Tidak ada korban jiwa.


29 Januari 2009
Helikopter Super Puma milik Pelita Air Service terguling saat hendak melakukan persiapan terbang untuk uji coba di Lapangan Terbang Pondok Cabe.
Korban tewas: Dua mekanik Pelita Air Service.


23 Februari 2009
Pesawat Lion Air jenis MD 90 bernomor penerbangan JT 972 mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam, tanpa roda depan. Badan depan pesawat hanya tersungkur di ujung landasan karena roda depan tidak bisa dikeluarkan.
Tidak ada korban jiwa.


7 Maret 2009
Helikopter latih Pusdik Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) jenis Hughes C300 HL 4098 jatuh di tengah tambak di Kelurahan Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah.
Tidak ada korban jiwa.




9 Maret 2009
Pesawat jenis Mc-Douglas atau MD 90 milik maskapai Lion Air tergelincir di landasan pacu selatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat sedang mendarat.
Tidak ada korban jiwa.


23 Maret 2009
Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 039 mendarat darurat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, karena mesin pesawat sebelah kiri mati. Pesawat terbang dari Tanjung Pinang dengan tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Tidak ada korban jiwa.


30 Maret 2009
Pesawat Batavia Air jurusan Jakarta-Surabaya mendarat darurat di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang. karena mesin pesawat bagian kiri mati.
Tidak ada korban jiwa.


6 April 2009
Pesawat TNI AU jenis Fokker F-27 Troopship nomor registrasi A-2703 jatuh dan terbakar di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.
Korban tewas: 6 awak pesawat dan 18 prajurit


9 April 2009
Pesawat Aviastar jatuh di kawasan Pegunungan Tengah, Wamena, kabupaten Jayawijaya, Papua.
Korban tewas: 6 orang


17 April 2009
Pesawat Mimika Air milik Pemerintah Kabupaten Mimika yang mengangkut logistik pemilu dari llaga, ibu kota Kabupaten Puncak, menuju Mulia, ibu kota Kabupaten Puncak Jaya, jatuh di Gunung Gergaji, Puncak Jaya, Papua.
Korban tewas: 11 orang


26 April 2009
Satu helikopter Bell 206 yang dioperasikan PT National Utility Hellicopter (NUH) jatuh di perairan Selat Makassar.
Tidak ada korban jiwa.


28 April 2009
Pesawat latih TNI Angkatan Laut jenis TB-10 Tobago mendarat darurat di tengah muara Sungai Silandak, Kota Semarang, Jawa Tengah. Mesin pesawat mati di ketinggian 1.000 kaki atau sekitar 330 meter.
Tidak ada korban jiwa.


30 April 2009
Sebuah pesawat latih Donner milik Pusat Latihan Penerbangan Curug jatuh di kebun bambu di Blok Empang, Kampung Cibunar, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.
Koban tewas: 1 orang




11 Mei 2009
Empat roda belakang pesawat Hercules 130 B milik TNI Angkatan Udara terlepas dan terpental hingga menghantam seorang warga dan satu rumah di dekat Bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.
Tidak ada korban jiwa.



20 Mei 2009
Sebuah pesawat angkut jenis C-130 Hercules Alpha 1325 jatuh dan terbakar di Desa Geplak Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Rabu pagi pukul 06.30 WIB.
Korban jiwa 98 orang (kompas.com 20 Mei 2009 pukul 16.00 WIB)

Categories: berita dalam negeri
  1. RifkyPanzer™
    June 8, 2009 at 5:42 pm

    LAGI LAGI HELICOPTER KITA JATUHBANDUNG, KOMPAS.com – PT Dirgantara Indonesia menunggu permintaan TNI untuk melakukan pemeriksaan terhadap helikopter Bolkow-105 yang jatuh di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Kepala Humas PTDI Rokhendi ketika dihubungi, Senin (8/6) membenarkan pesawat Bolkow-105 merupakan buatan PTDI.Meski dugaan kecelakaan helikopter itu akibat cuaca buruk di kawasan Cianjur Selatan, namun PTDI menurut Rokhendi menyiapkan tim untuk melakukan investigasi secara menyeluruh bila ada permintaan dari pihak TNI."Bila heli itu Bolkow-105 buatan PTDI. Hingga petang ini kami belum mendapat permintaan pemeriksaan pesawat dari pihak TNI sebagai pengguna pesawat itu," kata Rokhendi.Menurut Rokhendi, pihaknya tidak bisa begitu saja masuk melakukan pemeriksaan pesawat itu karena statusnya helikopter itu milik TNI."Kami punya LO di TNI, namun hingga petang ini belum kontak ke PTDI," katanya.Ia menyebutkan, pesawat Bolkow atau NBO-105 merupakan helikopter ukuran sedang yang cocok untuk mendukung operasi di medan berbukit-bukit.Produksi Bolkow 105 sudah dihentikan karena lisensi dari Messershcmitt Bolkow Blohm (BMM) yang diperoleh PTDI telah habis."Sejak tahun 1976 hingga 2009, TNI banyak menggunakan heli ini, termasuk 25 diantaranya dioperasikan oleh TNI-AD," kata Rokhendi.http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/06/08/2302249/PTDI.Siap.Investigasi.Heli.Jatuh.

  2. Astaga.com Lifestyle on the Net
    January 10, 2010 at 8:34 am

    Sedengar saya seharusnya memang benar, transportasi udara adalah yang paling aman. tapi kelihatannya ini tidak berlaku di Indonesia ya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: