Home > Pengetahuan > Bagaimana Kapal Selam Berkerja?

Bagaimana Kapal Selam Berkerja?

Kapal selam merupakan sebuah wahana yang unik karena bisa mengapung dan menyelam di air sesuai kebutuhan, pembuatan kapal selam pertama kali di gunakan untuk keperluan perang dan masih berbentuk sangat sederhana ( turtle). Namun pada masa sekarang selain untuk perang, kapal selam juga di gunakan sebagai wahana rekreasi dan juga penelitian bawah air (ocean research). Ada pertanyaan menarik dari seorang teman saya beberapa waktu lalu, yaitu bagaimana cara sebuah kapal selam yang beratnya berton ton bisa menyelam. Pertanyaan menarik. Kalau masalah mengapung kita pasti tahu bahwa Hukum Archimedes (+250 sebelum Masehi) adalah jawabannya “Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut”. Dan itu berlaku pada setiap kapal konvensional. Sedangkan untuk menyelam kapal selam memakai Hukum Boyle dan Hukum Boayancy (pengapungan).


Kapal selam di desain memiliki tanki balast (trim), Tanki balast berfungsi menyimpan udara dan air, letaknya berbeda beda tergantung biro desain yang merancangnya.Untuk awalnya saya akan memberi visualisasi gambar potongan kapal selam seperti yang terlihat di bawah ini:

Image and video hosting by TinyPic

gambar atas merupakan gambar potongan sebuah kapal selam

Image and video hosting by TinyPic

gambar diatas menunjukkan kapal selam pada mode mengapung (klik untuk memperbesar)

Image and video hosting by TinyPic

gambar diatas menunjukkan kapal selam pada mode menyelam (klik untuk memperbesar)
Atau Lihat animasi berikut:


Sedikit tambahan, kapal selam sekarang mulai di lengkapi dengan berbagai macam persenjataan, yang awalnya hanya sebuah skrup untuk melubangi kapal musuh, sekarang bisa di muati rudal jelajah maupun rudal antar benua yang berhulu ledak nuklir. Yang pada mulanya hanya cukup untuk satu orang hingga sekarang dapat memuat ratusan personel. Kapal selam lama menggunakan diesel sebagai penggerak utama sehingga kemampuan bersembuyi di air sangat terbatas karena harus sering muncul ke permukaan untuk pengisian kembali bahan bakar, kini kapal selam nuklir lebih efisien karena sangat hemat dan menekan biaya operasional, karena dalam sekali charge kapal selam mampu berlayar bertahun tahun tanpa perlu mengisi bahan bakar. Namun itu bukan berarti tidak beresiko. Kejadian bocornya radiasi pada kapal K-19 Rusia beberapa dekade lalu, menunjukkan kalau perlu keamanan extra untuk mengoperasikan sebuah kapal selam nuklir, selain merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihak Angkatan Laut bisa mengoperasikan nya. Semoga penjelasan saya bisa menambah khasanah pengetahuan teman teman, salam!



Categories: Pengetahuan
  1. SariminGeek.com
    April 5, 2009 at 9:30 pm
  2. faris !
    June 9, 2009 at 9:45 am

    keen ya!yeadhi

  3. ADA Grosir
    June 9, 2009 at 10:37 am

    Subhanallaah ternyata seperti itu ya??Asupan oksigennya diperoleh dari mana ya??Salam dari http://www.adagrosir.com

  4. RifkyPanzer™
    June 9, 2009 at 4:15 pm

    Thanks banget sudah ikutan comment disini @ADAGROSIR dan FARIS. oyah. untuk pernafasan dalam kapal selam menggunakan sebuah alat khusus untuk meregenerasi(menyaring)udara agar tetap bersih.untuk penyelaman dangkal biasanya menggunakan snorkel (semacam belalai yang muncul dipermukaan laut) itupun harus memperhatikan keadaan laut sendiri ( laut harus dalam keadaan tenang tak berombak ) dan efeknya adalah kapal selam hanya bisa melaju dalam kecepatan terbatas ) thanks sudah mampir, sering2 kemari ya bro,salam kenal

  5. imran
    June 9, 2009 at 10:52 pm

    good….. sangat menambah wawasan..!!!!

  6. admin facemien.com
    January 7, 2010 at 8:12 am

    keren ya, ada ngak foto kondisi di dalam kapal selam…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: