Home > Pengetahuan, Sejarah > Terusan Panama Part.3 (cara kerja terusan panama)

Terusan Panama Part.3 (cara kerja terusan panama)

Yah, akhirnya postingan saya mengenai terusan Panama ini sudah sampai part ke tiga, maklum saya sedang tertarik membahasnya. Ketimbang terusan Suez, terusan panama lebih terlihat eksotik dan juga menyimpan kenangan tersendiri bagi mereka mereka yang terlibat dalam proses pembangunan nya yang begitu berat karena harus memotong “pinggang” benua Amerika itu sepanjang sekitar 80 Km! Pekerjaan yang fantastis mengingat alat alat waktu itu belumlah secanggih saat ini.

Image and video hosting by TinyPic
 
Di sesi ini akan sedikit saya paparkan bagaimana prinsip kerja canal Panama dalam mengangkat kapal kapal yang melintasi ( semua kapal kapal yang lewat rata rata kapal kargo berukuran besar loh).Di terusan panama terdapat 3 Lock, yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akan melewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan danau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil (37 Km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra). Nah setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik), Dan total jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

 gambar yang menjelaskan bagaimana terusan panama berkerja

Pada masa pembuatan kanal ini, berton ton peledak di gunakan untuk membuka lahan yang berupa pegunungan dan hutan, serta ribuan pekerja yang di bagi menjadi beberapa divisi, dan konon yang terberat adalah pengerjaan pada Gaillard (Culebra) Cut dan sempat terjadi tragedi kecelakaan mengerikan yang kemudian sering di sebut “Hell’s Gorge.” alangkah Indah nya pemandangan di terusan panama tersebut, dan konon bagi yang pernah melintasinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan, namun dibalik itu semua terjadi berbagai masalah pada saat pembangunannya yang memakan korban jiwa pada waktu itu ( 22.000 orang waktu itu tewas terkena penyakit demam kuning) belum lagi tanah longsor. Saya salut pada semua orang dalam proyek pengerjaan tersebut

Categories: Pengetahuan, Sejarah
  1. SariminGeek
    March 28, 2009 at 7:49 pm

    mangstaf..gan..🙂

  2. Download pc media antivirus
    November 20, 2009 at 4:20 am

    Keren-keren info dari blog ini!

  3. Anonymous
    January 3, 2010 at 1:15 am

    terimakasih, sudah menambah pengetahuan mengenai terusan panama. Salam Liman – Semarang

  4. eva
    January 3, 2010 at 6:12 am

    thx atas infonya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: