Home > Pengetahuan > Pengetahuan : Ilusi Optis Dari Antartika.

Pengetahuan : Ilusi Optis Dari Antartika.

Anda semua pasti tahu dan mengenal benua artik dan antartika (kutub utara dan kutub selatan) bukan? Walaupun mungkin belum pernah kesana namun pasti sudah sangat familiar, atau mungkin teman teman sudah ada yang pernah kesana? Hehe..beruntunglah kalo pernah kesana deh. Benua yang banyak dihuni oleh Penguin dan beruang kutub (polar bear) ini menyimpan eksotika tersendiri dan merupakan suatu rahasia alam tersendiri yang penuh dengan misteri. Banyak ilmuwan dan para pakar yang berlomba lomba untuk melakukan riset ke dua kutub ini dan rela di balut dingin yang amat sangat hanya untuk mengeksplorasi segala sesuatu tentang benua es tersebut.

Tak salah mungkin jika Roald Amundsen mengatakan bahwa benua ini merupakan bagai tempat yang sering di dongengkan dalam kisah kisah peri “ the land looks like a fairytale”, yah Roald Amundsen mungkin orang yang sangat beruntung pernah merasakan dingin menyengatnya kutub dan menyaksikan fenomenal fenomena alam yang terjadi disana.

Dalam tulisan singkat saya kali ini saya ingin mengangkat masalah fenomena (fakta) alam yang ada disana yang saya himpun dari berbagai sumber. Okey ini dia ! Siang terlama, Malam khas di kutub selatan. Pada sekitar 21 desember, matahari seakan tak mau bergeser di langit sekalipun itu adalah malam hari !, berdasarkan sudut inklinasi rotasi bumi dan lintasan perpindahan matahari, sejak pertengahan November, selama hampir tiga bulan penuh matahari seakan tak pernah tenggelam di atas kerajaan penguin itu dan siang pun menjadi begitu lama! Hmm kebayang gak yah tinggal disana? Tapi siang dengan terik matahari nya gak kerasa panas kok teman teman. Fatamorgana, fenomenal ini tidak hanya terjadi pada gurun berpasir saja loh! Di benua es juga bisa terjadi manakala tidak ada hembusan angin, tak ada turbulensi udara serta udara dalam keadaan bersih dan kering fenomena ini akan mudah sekali terjadi.
 


gambar fatamorgana

Halo, Banyaknya kristalisasi es di udara dan intensifnya penyinaran pada bulan bulan terntentu, kerap membuat matahari berbayang bak mahkota di sekelilingnya. Dalam batasan Fisika fenomena ini disebut Halo Pada prinsipnya Halo terbentuk karena proses pemantulan dan pembauran sinar matahari oleh kristal kristal Es yang di dalamnya kerap muncul warna kemerah merahan sedang di bagian luarnya berwarna ungu, so bisa di bayangkan..begitu indahnya bukan?
 


gambar Halo

Aurora australis, seperti juga di kutub utara, Aurora juga terjadi di kutub selatan (jika kutub utara bernama Aurora borealis), hembusan angin matahari (solar wind) pada daerah bermedan magnet tinggi selanjutnya emang memunculkan fenomena yang disebut Aurora australis ini. Ia bergerak gerak sesuai arah hembusan angin. Kibasan kibasan cahaya indah timbul dari proses ionisasi molekul molekul udara yang ada di sekitar tempat itu. Oyah..mungkin ada teman teman yang sudah menonton film “Eight Below”, disana Aurora digambarkan begitu indah dan saat anjing anjing serigala kutub mengejar ngejar aurora yang bergerak ke berbagai arah, sungguh indah..


Gambar Aurora Australis

Broken spectrum, fenomena yang satu ini agak sulit di terjemahkan dalam bahasa indonesia karena terminologi fisika belum bisa menjelaskannya secara lugas fenomena yang satu ini, para ilmuwan banyak menyebutnya ilusi optis ini dengan “broken spectrum”, fenomena ini terjadi di puncak gunung Es. Sosoknya semacam pelangi dan yang begitu mengagumkan dan butuh sebuah kondisi langit yang cerah dan udara sekitar yang berkabut dan sedikit angin berhembus dari atas ke bawah. 

Itulah sedikit tulisan saya mengenai keadaan kutub yang begitu indahnya, begitu indahnya hingga banyak ilmuwan yang memutuskan untuk kembali lagi dan bertahan disana lebih lama dalam sebuah pos pos penelitian, bercanda dengan penguin, beruang kutub dan anjing anjing serigala kutub, alangkah indahnya bukan, mari kita selamat kan bagian bumi ini demi kelangsungan bumi itu sendiri, mencairnya Es di kutub adalah sebuah tanda serius kalau ada sesuatu yang salah dengan kebiasaan kita dalam menyikapi dan mensyukuri alam yang begitu indah ini. Hewan hewan lucu disana pasti akan sangat begitu merasakan perubahan suhu yang kita berbuat disini dan mengancam hidup mereka ke depannya. Sekian tulisan saya ini, semoga berguna bagi teman teman semua untuk menambah khasanah pengetahuan, salam..! (panzer) SUMBER!

Categories: Pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: