Home > Berita luar negeri, Pengetahuan, Sejarah > Kisah Pemboman Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika

Kisah Pemboman Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika

Masih Ingat Pemboman Amerika terhadap dua kota besar Hiroshima dan Nagasaki (6 Agustus 1945)? yah pemboman dengan menggunakan Bom Atom yang dikenang sebagai sejarah besar peperangan dan penderitaan besar rakyat jepang atas kesalahan dua kubu yang saling berperang mempertahankan prinsip politik mereka. Bom Atom telah meluluh lantakkan kedua kota itu hingga mengalami penderitaan yang panjang dari generasi ke generasi akibat radiasi kimia yang diturunkan lewat genetika. Pemboman itu mengakibatkan kehancuran yang merata di daerah itu. Saya kebetulan pernah menonton sebuah video Dokumentasi dari Discovery Channel yang menggambarkan betapa menderitanya rakyat 2 kota tersebut yang tertimpa bom atom berkekuatan antara 15.000 dan 20.000 ton TNT. tersebut menewaskan 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki, semua itu dilakukan oleh Sekutu (Amerika dkk) dengan alasan untuk membungkam angkatan perang kekaisaran Jepang yang terkenal sangat heroik, pantang menyerah dan loyal kepada kaisar, Jepang sendiri akhirnya bertekuk lutut pada sekutu 6 hari setelah dijatuhkan bom atom tersebut tepat pada tanggal 15 Agustus 1945 (yang kemudian disusul merdeka nya Indonesia dua hari kemudian, yang menurut beberapa orang merupakan hadiah pemberian sekutu).
Bom Atom yang dijatuhkan ke Hiroshima (6 Agustus )di namai “little boy” yang berarti bocah kecil, dan yang dijatuhkan di Nagasaki (9 Agustus) di namai “fat man” atau pria gemuk. Bom bom tersebut dijatuhkan dari sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay (nama yang aneh) yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak pada 8.15 pagi (waktu Jepang) ketika dia mencapai ketinggian 550 meter. Untuk menjatuhkan bom ini pesawat memang terbang cukup tinggi dan menggunakan google khusus (pelindung mata khusus) anti radiasi, dalam sebuah dokumenter yang saya lihat, para pengebom memiliki tekanan (pressure) jiwa yang sangat besar karena akan menjatuhkan bom dahsyat itu ke tengah tengah pemukiman penduduk, namun mereka tetap melakukan nya demi tugas bangsa. ada sebuah kejadian yang diabadikan disana saat beberapa saat bom dijatuhkan  
“Satu cahaya yang terang memenuhi pesawat,” begitu tulis Tebbits. “Kami memutar pesawat kembali untuk melihat Hiroshima. Kota tersebut tersembunyi di balik awan yang mengerikan itu… mendidih, mengembang berbentuk jamur.” Setelah itu, beberapa saat tidak ada yang bicara. Namun berikutnya, semua orang bicara. “Lihat itu! Lihat itu! Lihat itu…..! ” seru kopilot Robert Lewis sambil memukul bahu Tibbets. Lewis mengatakan ia bisa merasakan pembelahan atom – proses yang terjadi ketika bom atom meledak. Rasanya seperti timah hitam. Ia lalu berbalik untuk menulis dalam catatannya. “Tuhan,” tanyanya pada diri sendiri, “Apa yang telah kami lakukan?”
 Tampak kota hiroshima yang hancur lebur rata dengan tanah
Tugas yang diberikan pada mereka mereka yang terlibat menjatuhkan bom apapun itu merupakan tugas negara sekalipun harus membunuh ratusan ribu nyawa, yah seperti itulah perang, hal ini dipakai Sekutu untuk membungkam angkatan perang kekaisaran Jepang yang berkongsi dengan kekuatan AXIS Jerman yang dipimpin Adolf Hitler dan Facism Italia yang dipimpin oleh Mussolini.
Inilah bom littel boy yang dijatuhkan di Hiroshima
(Mk I “Little Boy” memiliki panjang 3 m, lebar 71 cm, dan berat 4000 kg. Rancangannya menggunakan aturan pistol untuk meledakan sub-massa kritikal uranium-235 dan tiga U-235 ring target bersamaan untuk menjadi super-massa kritikal, mengawali reaksi berantai nuklir. Dia terdiri dari 60 kg U-235, di mana 0,7 kg mengalami reaksi fissi. Uranium diperkaya di pabrik raksasa di Oak Ridge, Tennessee selama Proyek Manhattan)
Dan yang ini merupakan bom fat man, sesuai namanya, jenis bom Mk-IV ini terlihat tambun.
(Fat Man adalah nama kode dari bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat di Nagasaki, Jepang pada 9 Agustus 1945. Pada saat itu Fat Man merupakan bom nuklir kedua yang digunakan dalam perang serta merupakan ledakan nuklir buatan manusia yang ketiga. Pesawat yang bertugas membawa bom jenis plutonium ini adalah B-29 dengan sandi bockscar Yang dipiloti oleh Mayor Charles W. Sweeney, Panjang bom ini 31/4 Meter dengan diamater 1 1/2 meter dan berat 4 1/2 ton)
Inilah sosok pesawat “terkutuk” tersebut, B-29. Merupakan pesawat buatan Boeing model 345 yang merupakan pesawat bomber terbesar yg dimiliki oleh Angkatan udara Amerika Serikat selama Perang Dunia kedua
Sesaat setelah di jatuhkan dan bom tersebut meledak, pesawat bomber B-29 tersebut bergetar sangat hebat. Sementara 10.000 meter dibawah mereka tersebut, hiroshima hancur berantakan dengan gempa dahsyat dan gelombang panas 4.000 derajat celcius. Manusia manusia yang terbakar panas, tersengat radiasi nuklir mati saat itu juga. tercatat selain jumlah korban korban tewas diatas, beberapa tahun kemudian 200.000 orang menyusul tewas karena penyakit penyakit akibat radiasi, luka bakar stadium tinggi dan leukemia serta masih banyak penyakit penyakit lain nya. Dampak radioaktif mencapai 20 km dari lokasi jatuhnya bom tersebut.
Gambar korban bom atom Hiroshima – Nagasaki

Pada saat terjadinya pemboman tersebut, Presiden AS Harry S Trumman mengumumkan nya lewat kapal USS Augusta dari tengah perairan Atlantik dan berujar bahwa perangkat itu (bom atom) 2.000 kali lebih hebat hulu ledaknya dari semua bom yang pernah terpakai/ada di era tersebut,dan pemilihan kota Hiroshima atas dasar alasan bahwa kota tersebut merupakan salah satu depot penting bagi pemasok perangkat peperangan tentara kekaisaran Jepang.

gambar rekonstruksi pemboman hiroshima
Beberapa tahun silam lalu,  beberapa pelaku pemboman, baik pihak Jepang saat membom Pearl harbor ataupun pihak Amerika saat membom Atom Hiroshima Nagasaki bertemu dalam sebuah reuni, mereka saling bermaaf maaf an dan mengungkapkan kekesalan dan penyesalan atas apa yang mereka lakukan atas nama nasionalisme kebangsaan dan patriotisme tersebut dan menyatakan turut menyesal karena telah menjadi bagian buruk dalam sebuah sejarah pembunuhan massal tersebut. Tidak ada dendam diantara mereka, mereka saling berbicara dari hati ke hati sambil mengenang masa suram saat muda mereka beberapa waktu silam saat berjuang membela bangsa nya masing masing.
Kol.Paul Tibbets berfoto di depan pesawat B-29 Superfortress “Enola Gay” dan gambar di bawah adalah B-29 Superfortress “Bockscar” dan crew crew nya

Sang pelaku  Paul Tibbets, yang merupakan pilot pesawat bomber tersebut saat meninggal menginginkan untuk dikremasi jenazahnya dan menguburkan nya dalam sebuah kubur tak bernisan, dengan alasan agar tidak di ziarahi oleh para aktivis anti penggunaan senjata nuklir.

Hari ini yang kita takutkan adalah jangan sampai terjadi perang dunia ketiga. mengapa? karena bila itu sampai terjadi seperti banyak perkiraan yang ada selama ini, kemungkinan besar Amerika akan menggunakan senjata Nuklir yang lebih besar hulu ledaknya dari yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki silam. Tentunya bila hal itu terjadi bumi ini akan benar benar hancur oleh keserakahan perang, dan secara tak langsung manusia akan menciptakan kiamatnya sendiri. THE HORROR OF WAR ! Menang jadi arang kalah jadi abu

Kini, kota Hiroshima dan Nagasaki telah bangkit dari penderitaan atas horor perang masa silamnya, Jepang adalah negara yang cepat pulih dan bangkit (walaupun Jepang sendiri merupakan penjajah kita), gempa Kobe yang meluluhlantakkan kobe dan menghancurkan kota itu kini sudah menjelma menjadi kota metropolitan. Bagaimana pun Perang membuat banyak orang menderita, Let’s Fight Against War !
Berikut Crew crew pesawat B-29 Superfortress yang terlibat dalam pengeboman tersebut:

+Crew Enola Gay (pembom Hiroshima): Kolonel Paul W. Tibbets (pilot), Maj.RobertA.Lewis (kopilot), Ted Van Kirk (navigator), Kolonel Laut William S. Parsons (yang mengaktifkan bom sebelum dijatuhkan), Kapten Thomas W. Frebee (juru bidik/pelepas bom),Sersan Bob Caron (defender belakang pesawat bagian ekor untuk menjaga kemungkinan serangan fighter Jepang)


+ Crew Bockscar (pembom Nagasaki) : Major Charles W. Sweeney (sebagai pilot),Captain Charles Albury (kopilot), Kapten James Van Pelt (navigator), Kapten Kermit Beahan (pembom), SSgt Ray Gallagher (gunner/penembak), Edward SSgt Buckley (operator radar)Sersan Abe Spitzer(operator radio),Sersan Albert DeHart (gunner/defender bagian ekor pesawat)

About these ads
  1. bo13ok
    December 15, 2009 at 9:03 pm | #1

    PETROOOMAXX…!!!

  2. ipan-bukan-superpel
    December 15, 2009 at 9:05 pm | #2

    pertamax gan..!!nais inpo..:Dhikzz susah komentnya ..:D..antara setuju dan enggak:d krn.. dg itu pd 2 selesai..:dtapi gak setuju banyak korban.. netah yg bersalah dan gak bersalah..:dhikzz …:-Ssbtw sekali lagi nais inpo..:)

  3. Sarimin
    December 15, 2009 at 9:08 pm | #3

    heee… sing rukun ojo rebutan…PRETROMAK'e…

  4. Sarimin
    December 15, 2009 at 9:09 pm | #4

    ayo… siapa mau mengamankan KLIMAX….

  5. Sarimin
    December 15, 2009 at 9:10 pm | #5

    KLIMAX…. auh…

  6. belajarcafe
    December 15, 2009 at 9:27 pm | #6

    waowao, lets war against war !!??

    • nanda cinta damai
      March 26, 2012 at 12:40 pm | #7

      gila kamu ya. rumah mu di atom-in aja tu sekalian ama pak barack obama

  7. ISENG
    December 15, 2009 at 11:02 pm | #8

    Sejarah masa lalu,

    • September 21, 2010 at 11:29 am | #9

      gimana caranya bom kayak gitu…
      kalau bisa indonesia juga harus punya bom kayak gitu

      • nanda cinta damai
        March 26, 2012 at 12:41 pm | #10

        gak boleh sama amerika. karena udah dilarang. udah ada kebijkanya. meskipun AS nya sendiri nyimpan nuklir sch.

  8. heru
    December 16, 2009 at 1:00 am | #11

    semoga menjadi pelajaran yang berharga atas semua perisriwa yang telah terjadi

  9. wafyes
    December 16, 2009 at 2:07 am | #12

    gagal pertamaxx,,mengenang perjuangan para pahlawan,,, :D

  10. pakde sulas
    December 16, 2009 at 2:49 am | #13

    sejarah pengeboman kota hirohima dan nagasaki, adalah kisah pemusnahan manusia yang paling biadab,dimana banyak manusia yang tak berdosa terbunuh dan efek reaksi kimia dari bom itu sampai sekarang masih ada, sehingga masih ada bahaya anak yang lahir cacat

  11. moenas
    December 16, 2009 at 3:19 am | #14

    berkunjung disini jadi ingat masa2 dulu tentang pelajaran sejarah neh, soalnyakan sekarang udah gak ada lagi pelajaran sejarah,,,

  12. Sari
    December 16, 2009 at 4:10 am | #15

    Infonya bagus, berasa belajar sejarah lagi :)

  13. Shin-kun
    December 16, 2009 at 4:11 am | #16

    Mantaff Sob, postingan yang detil dan keren. Pas Shin-kun study ke sana, Shin-kun pernah mengunjungi Hiroshima, di sana ada tugu peringatannya, dan sampai sekarang, tanah di Hiroshima dan Nagasaki itu belum bisa ditanami, kasihan ya…

  14. ajrajr
    December 16, 2009 at 7:06 am | #17

    wah foto-fotonya bagus tuh,,gimana ya jadinya kalo dunia ini perang nuklir? bisa gawat jadinya

  15. Abula
    December 16, 2009 at 7:21 am | #18

    referensi sejarah,,, yang sungguh lengkap…Hirosima dan Nagasaki,,, serta bom atom sebuah peristiwa yang dikenang sepanjang masa…Salam Hangat Selalu

  16. Keliling Dunia
    December 16, 2009 at 8:16 am | #19

    Semoga artikel ini menyadarkan umat manusia betapa perang itu tak ada baiknya

  17. Risma Hutabarat
    December 16, 2009 at 9:05 am | #20

    Agak kasihan juga dengan pilot yang bertugas menjatuhkan bom itu. Nuraninya tidak tega, tapi tugas negara ada di pundaknya. Aku tidak ingin terjepit dalam pilihan pelik seperti itu. Seumur hidupnya pasti dia tidak bisa melepaskan kenangan buruk ketika tangannya menarik tuas di pesawatnya dan membunuh jutaan orang dalam sekejab mata.

  18. yuzrond
    December 16, 2009 at 10:01 am | #21

    sampe' sekarang aq masih bingung.kok bom sekecil itu bisa ngehancurin kota yach?=S

  19. dadangsupriadi
    December 16, 2009 at 11:24 am | #22

    wUIH BOMNYA GEDE BANGET ..NGERI JUGA KALO ADA YG BIKIN BOM ITU

  20. dadangsupriadi
    December 16, 2009 at 11:28 am | #23

    Semangat terus Boz..untuk berkarya dengan artikel yang membawa kita yang lebih maju

  21. Rkeyla
    December 16, 2009 at 11:40 am | #24

    Ow ternyata gt yachaq g tega liat pic korbannyaperang tu hanya membawa penderitaan

  22. dorara
    December 16, 2009 at 12:43 pm | #25

    kasian bgt jepang -_-banyak rakyat yg ga tau apa2 jadi korban..ak prnah baca komik dan novel yg ada critanya ttg pemboman tsb, jahat bgt,,ngancurin skolah,dll. dan memakan ribuan nyawa-Marii-

  23. boby
    December 16, 2009 at 12:44 pm | #26

    widihhhh…emang perang tuh parah yaaa

  24. lina@happy family
    December 16, 2009 at 1:09 pm | #27

    Betul Sob, damai itu indah…Perang, yang kalah dan yang menang, sama2 menderita

  25. Syahroyni
    December 16, 2009 at 1:10 pm | #28

    Setelah saya cari2 tentang bom atom . . ternyata artikel mas yang ini sangat menarik bagi saya . . dan saya berharap "the horror of war" tidak terjadi . . .!!!

  26. Alwi
    December 16, 2009 at 3:21 pm | #29

    Berkunjung lagi kawan …..

  27. Alwi
    December 16, 2009 at 3:29 pm | #30

    Apapun alasannya yg namanya perang pasti menimbulkan dampak yg mengerikan untuk nilai2 kemanusiaan, banyak korban berjatuhan terutama pihak2 yag sebenarnya gak tahu2 apa2 tentang perangnya itu sendiri termasuk anak2 banyak yg menjadi korban perang. Perang itu dari dulu kebanyakan hanyalah mainannya para penguasa yang menghancurkan nilai kemanusiaan, persaudaraan dan kedamaian

  28. abubakar
    December 16, 2009 at 4:36 pm | #31

    masya Allah.. ngeliat gambarnya ngeri…..btw jadi inget masa SMP ni pelajaran ginian,hehe

  29. harto
    December 17, 2009 at 2:43 am | #32

    Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1431 H

  30. belajarcafe
    December 17, 2009 at 2:56 am | #33

    maap menanggapi komen di sini; untuk page loadnya mungkin sudah OK, terpenting kan isi dari postingan nya termuat/load terlebih dahulu, excellent blognya ini, untuk newbie kayak aku ga pantes deh kasih komen tentang blog yg hebat n mantab ini

  31. Alvhie aja ga pake N
    December 17, 2009 at 2:59 am | #34

    Artikel yang menarik,,,,jadi nambah wawasan nih,,,heeoy,,,link back ya.

  32. Rahad 2 Six
    December 17, 2009 at 5:32 am | #35

    artikel yang sangat bagus dan bermanfaat nih….tapi serem banget ya kalo perang dunia 3 bener2 terjadi…..

  33. wafyes
    December 17, 2009 at 10:43 am | #36

    wah jngan sampe terjadi sob,,ngeri kalo terjadi,,,,

  34. Abang Affan
    December 17, 2009 at 11:42 am | #37

    mampiirr…

  35. Jawara
    December 17, 2009 at 12:33 pm | #38

    Sob…datang dan bertemu kembali…dalam nuansa yang hangat…

  36. lina@happy family
    December 17, 2009 at 2:06 pm | #39

    Selamat tahun baru 1431 H…

  37. putra
    December 17, 2009 at 2:34 pm | #40

    Ganazzz !!! Mudah mudahan takkan terulang kembali .,.,., Aaamiin ,, :)

  38. Nova Imoet
    December 17, 2009 at 2:50 pm | #41

    sekilas aj mbacanya…tapi keren banget ni posting…hebat sekali yang buat bom atom itu ya..taon 1945 aj bisa buat bom dasyhat gtu, apalgi taon 2010 klo ada bom atom kekuatannya seberapa besar ya…moga2 g akan pernah terjadi lagi.

  39. JOLA76
    December 17, 2009 at 3:27 pm | #42

    mudah2an tidak akan terjadi lagi, dan kita hidup rukun dan damai….ok sobat…

  40. kelirirenk
    December 17, 2009 at 5:27 pm | #43

    Sangat mengerikan,Bahkan pembawa bom aja menyadari.Semoga tidak ada lagi nuklir untuk berperang

  41. rachel
    December 17, 2009 at 7:25 pm | #44

    radiasi nya ada sampe sakarang yach,. aduh,. kasian ya cucu" kita yg gak bersalah,. eh bkan cucu" qta tapi yg ad di jepang,. hehehe,.,. nice shob,.

  42. Sarimin
    December 17, 2009 at 10:14 pm | #45

    hadir…

  43. Mamo
    December 17, 2009 at 11:54 pm | #46

    wah wah wah no war !

  44. arkasala
    December 18, 2009 at 12:38 am | #47

    Arikel ini memberikan info banyak dimana dulu ketika mempelajarinya hanya sekilas saja. Terima kasih Mas.Salam :)

  45. Abang Affan
    December 18, 2009 at 2:57 am | #48

    itu yg kena radiasinya parah amat, gw denger2 kalo pun hidup si korban yang kena radiasi bakal cacad seumur hidup,,, kesian yak, yang namanya perang emang ngerugiin banget,,, padahal cuma nurutin kepentingan segelintir org, yang kena ujung2nya rakyat… (sok tau bgt yak… wkwkkwwk)Salam Mampirr.. Ooom..

  46. Irawan
    December 18, 2009 at 3:46 am | #49

    Hebatnya setelah di bom, Jepang bisa bangkit… ayo donk kita jangan kalah…

  47. RifkyPanzer™
    December 18, 2009 at 4:35 am | #50

    @irawan, itulah jepang, pernah hancur berkeping keping dan segera bangkit, sptnya banyak yg harus kita tiru dari mereka.@Abang affan+rachel, yup bang, efek radiasi bahkan menurun secara genetika hingga beberapa keturunan, hampir sama dengan Minamata disaster yang juga terdampak radiasi, hanya saja pada kasus minamata bukan bom tapi limbah radioaktif.@arkasala, terima kasih ya mas, sering2 kesini, saya berjanji menghadirkan artikel artikel yg berguna bagi pembaca disini.@JOLA76, semoga mas, kita berharap bersama g terulang kembali..@risma hutabarat..wah bener banget mbak..perasaan spt itu bakal menghantui pelaku seumur hidupnyaThanks teman teman yg sudah gabung komen di postingan saya kali ini, sering2 mampir sini ya

  48. intermezo
    December 18, 2009 at 5:37 am | #51

    senjata pemusnah masal yang mengerikan, mudah-mudah tidak pernah dipergunakan lagi dalam perang… kita damai aja … :)

  49. Nova Imoet
    December 18, 2009 at 5:43 am | #52

    tukeran link yuk….link nya udah masuk tu

  50. SmarterDOS
    December 18, 2009 at 6:11 am | #53

    Waduh mas, suka sejarah ya mas? Menarik banget nih pembahasan mengenai pemboman ini. Hehe :)

  51. waroeng ubuntu
    December 18, 2009 at 12:06 pm | #54

    kapan giliran amerika di BOM NUKLIR !!!

  52. Aditya’s Blogsphere
    December 18, 2009 at 1:00 pm | #55

    Kejam bgt….sebenernya banyak yang ingin saya sampaikan mengenai bom ini…tapi waktu inet saya yang ga mendukung….semoga aja amerika gantian di bomm oleh negara yang telah di tindasnya hehe

  53. rumah blogger
    December 18, 2009 at 2:31 pm | #56

    itulah korban dari perang ya??

  54. sabirinnet
    December 18, 2009 at 2:32 pm | #57

    yang jadi korban pasti rakyat yang tidak berdosa. tetapi tetap saja perang masih ada.

  55. cah ndueso
    December 18, 2009 at 3:13 pm | #58

    pelajaran sejarah iki …eling jaman sd mbiyen aku…

  56. RifkyPanzer™
    December 18, 2009 at 9:55 pm | #59

    @warung ubuntu, huauauaua, denger2 sih PD3 nanti di mulai oleh soviet yg ngebom nuklir AS heheheh,,rumor..jgn dipecaya dulu, lebih baik g ada perang! no war !@sabirinet, Yup, rakyat selalu menjadi korban@cah ndueso, lah sampean nilai sejarah e oleh piro pakde? hehehehe, sejarah g oleh di lupakan loh…@SmarterDOS, yak,sedikit banyak suka sejarah walaupun saya sendiri bukan seorg. Historian hehehe@aditya..monggo dilanjut kalau dah nemu warnet ya heheheh@intermezo..yah kita semua penduduk bumi yg masih punya otak waras pasti pengen spt itu mas

  57. Black
    December 19, 2009 at 2:51 am | #60

    Wah jadi inget jaman sekulah dulu!ya moga aja dunia jadi tambah damai bukanya tambah rusuh!

  58. bluethunderheart
    December 19, 2009 at 4:13 am | #61

    keren sangatsalam hangat selalu

  59. alfi
    December 19, 2009 at 4:48 am | #62

    slam knl… n tukeran link yuk..

  60. Lina Marliana
    December 19, 2009 at 6:28 am | #63

    Mengerikan sekali… Semoga kita dan anak cucu kita kelak tak akan mengalami hal mengerikan seperti itu…Lebih indah cinta damai..

  61. netmild
    December 19, 2009 at 6:49 am | #64

    mantap info menarik baru tau aku bom atom yang digunakan untuk ngeboom hirosima

  62. ijonk sasono
    December 19, 2009 at 7:52 am | #65

    …. kebiadapan yang masiv.. Asungguh terlalu gan…:(

  63. Anonymous
    December 19, 2009 at 12:35 pm | #66

    (DISCONNECTTED)…cuma satu om…DAHSYAT…gak nyangka efeknya sampai segitunya….yah denger" entah bener ato salah,klo keturunannya gak bisa normal/cacat ya om sampai beberapa generasi akibat radiasi bom tsb.

  64. KucingTengil
    December 20, 2009 at 8:01 am | #67

    tapi hebatnya Jepang, udah di bombardir spt itu, skrg malah menjadi salah stau negara yg dipandang dan terdepan. Apalagi kota Hiroshima dan Nagasakinya, malah jadi tmp industri yg terbesar di Jepang. ckckckck

  65. cah ndeso
    December 22, 2009 at 1:56 pm | #68

    pokoknya yang namanya Bom Atom atawa Bom Nuklir jangan sampai dah terulang lagi :(Tapi kalo "Bom Nyasar" kadang masih muncul :D

  66. cah ndeso
    December 23, 2009 at 4:19 pm | #69

    Salam silaturahim dari Lereng Muria.Berkunjung kembali di malam hari yang super duingiiinnnn sambil baca2 artikelnya :DSalam sukses dari Lereng Muria untuk sobatku terchayaank sekaligus ngasih emPIISSSSS dah

  67. donlenon
    January 16, 2010 at 6:50 am | #70

    Top Markotop.. lengkap banget.. dua post lagi dan kamu bakal jadi Wikipedia terbaru.. ha ha..

  68. iko ajjep
    July 6, 2010 at 3:34 am | #71

    itu pelajaran sejarah……….:D

  69. MNR
    February 14, 2011 at 5:21 am | #72

    Jangan sampai terjadi lagi,karena yg menjadi korban orang2 lemah

  70. March 15, 2011 at 2:35 pm | #73

    gila moga” terjadi perang dunia ke 3 dan seterus nya,,,,amin

  71. March 15, 2011 at 2:37 pm | #74

    para hadirin saya akan menyatakan perang ke 3 sampai seterus na ,,,, smoga kalian mati semua,,,, hidup khadafi,,,

  72. March 15, 2011 at 2:43 pm | #75

    jiah klo gw kena bom atom kyk gt sie mending gw ndx jd teroris aj he,,,tkt

  73. lin
    June 17, 2011 at 11:38 pm | #76

    kl Jepang bs bangkit dari kehancuran, apakah Indonesia bisa ??????

  74. Agung riyanto
    September 21, 2011 at 8:28 am | #77

    waawww.,,, hebat hebat.,, :D

  75. Tukang Lap Langit
    November 10, 2011 at 2:02 am | #78

    Seandainya aku punya bom spt itu, 100% sudah pasti akan kujatuhkan di Tel Aviv-Israel (negaranya sarang demit & setan)….!!!!!

  76. Anne
    November 19, 2011 at 8:50 am | #79

    hmm.. jadi inget pelajaran IPS sejarah…

  77. curcol
    August 9, 2012 at 10:31 am | #80

    KALO TUH BOM GAK DIJATOHIN INDONESIA MUNGKIN MASIH DIJAJAH

  78. August 17, 2012 at 10:55 am | #81

    klo ga ada serangan jepang trhadap Pearl Harbour dan balasan AS bom atom di Hiroshima & Nagasaki,,,( INDONESIA MASIH DI JAJAH & GA AKAN MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN) stuju tuh ada artikel yg bahas, Hadiah Pemberian Sekutu

  79. farish_hakim@hotmail.co.id
    August 20, 2012 at 12:57 pm | #82

    ini adalah balasan dari Tuhan untuk jepang…atas kekejamannya membantai rakyat sipil di seluruh wilayah asia.

  80. andi irfandi
    September 6, 2012 at 2:43 am | #83

    wow. . . !!!
    Dahsyat. . . !!!

  81. frend
    March 4, 2013 at 5:16 am | #84

    semoga kejadian serupa tdk terjadi kalau terjadi seperti kiamat dunia

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: