Home > Pengetahuan > 10 jembatan tertinggi di dunia

10 jembatan tertinggi di dunia

Jembatan merupakan sebuah struktur penghubung antara dua tempat yang terpisah ( oleh: sungai, tebing bahkan laut ), di beberapa negara sebuah jembatan bahkan menjadi landmark karena kemegahan nya. Dalam postingan kali ini, akan saya hadirkan 10 jembatan tertinggi di dunia, yang memiliki fungsi sebagai penghubung transportasi dan juga sebuah mahakarya kontrsuksi yang bisa di jadikan kebanggaan negara dimana jembatan itu berada. Oke kita mulai aja deh, oyah saya pakai hitungan mundur hingga ke jembatan paling tinggi. okey?

10. THE VERRAZANO-NARROWS BRIDGE 
Dinamai dengan nama penjelajah Italia terkenal Giovanni da Verrazano, jembatan ini memiliki menara tinggi 693 kaki dan memiliki rentang pusat 4.260 kaki (1.298 m). Dibangun tahun 1964 sampai 1981, adalah jembatan gantung terbesar di dunia. Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan Staten Island dan telah memainkan peranan penting dalam pembangunan kawasan Big Apple tersebut.
9. LE PONT DE NORMANDIE 
Jembatan ini berlokasi di Perancis, Panjangnya 2.800 kaki panjang, dengan tinggi 165 meter di atas permukaan air atas Sungai Siene. Pada saat selesai, biaya konstruksi mencapai 465 juta dolar.
8.PENANG BRIDGE / JAMBATAN PULAU PENANG
Selain terkenal dengan Petronas Towers nya yang tergolong bangunan tertinggi di dunia, Malaysia membanggakan Jembatan Penang ( orang setempat menamainya jembatan Pulau Penang) sebagai satu dari kehebatan bangunan struktur nasional malaysia. Dianggap sebagai jembatan terpanjang ketiga di dunia, jembatan Penang berdiri 8,4 km di atas air, memiliki empat menara di midspan berdiri 101,5 meter dan membentang 13.5 km dari Seberang Prai di daratan Malaysia sampai Gelugor di Pulau Penang. Butuh waktu 40 tahun sejak awal konsepsi sampai terwujud dan secara resmi dibuka pada tahun 1985. Sekarang jembatan itu melayani lebih dari 70.000 orang per hari dan tetap menjadi sumber kebanggaan bagi Malaysia.
7. TATARA BRIDGE
Sekarang giliran Jepang. Jembatan Tatara  yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel lain di dunia. Memiliki ketinggian 220 meter (sampai menara baja) dan memiliki pusat rentang 890 meter. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibagun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan.
6. THE GOLDEN GATE BRIDGE 
Jembatan gantung elegan ini telah muncul dalam berbagai novel, pertunjukan, film film hollywood. Memiliki ketinggian 227,4 meter dan menghubungkan kota San Francisco dan Marin County. Meskipun menghadapi reaksi keras dan tuntutan hukum, konstruksi jembatan selesai pada 1937. Ini difasilitasi laju pertumbuhan ekonomi di kota dan di daerah sekitarnya. Arsitektur dan kemegahan nya telah melekat dihati semua orang, tidak hanya warga setempat, amerika, tapi semua orang di dunia.
5. THE GREAT BELT FIXED LINK 
Jembatan ini adalah tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dengan pulau-pulau Funen di great belt denmark. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jalan, sebuah terowongan kereta api dan sebuah kotak kayu palang jembatan. Istilah “Jembatan Sabuk Besar” biasanya tergolong ke jembatan gantung. Seperti dalam kasus pembangunan majorbridges lain nya, pembangunannya telah membuka jalan bagi usaha yang lebih baik di daerah. Jembatan ini merupakan jembatan milik Denmark dengan budjet termahal dalam sejarah, yaitu DKK 21.4 Milliar (kurs indonesianya berapa tuh?)
4. NEW RIVER GORGE BRIDGE 
Jembatan besar lain di Amerika adalah New river gorge bridge, Berketinggian 267 meter diatas sebuah sungai (nama sungainya adalah New River) Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika. The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Perancis, jembatan ini sekarang juga dipakai untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette county festival
3. AKASHI-KAIKY BRIDGE . 
Ketinggian nya 298,3 Meter, terbentang diatas di atas Selat Akashi dan menghubungkan kota Kobe di pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, ini adalah jembatan terpanjang di dunia kategori jembatan gantung, dengan rentang pusat 1.991 meter.
2. ROYAL GORGE BRIDGE 
Jembatan ini berketinggian 321 Meter di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia. Terletak dekat Canon City, Colorado, Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 meter,lebar 5 meter dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 meter. Jembatan ini telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata.
1. MILLAU VIADUCT

Berada pada ketinggian 343 Meter dan dinobatkan sebagai jembatan tertinggi dunia, berada di Prancis, jembatan ini sangat mengesankan bahkan bila di ukur ketinggian nya hampir sedikit menyamai Empire state building, memiliki struktur yang sangat kokoh dan mengagumkan bahkan pernah masuk dalam Channel National Geographic dalam edisi “Megastructure”, di resmikan langsung oleh Presiden Prancis Jacques Chirac dan telah menjadi kebanggan bagi negara Perancis.

Gambar potongan jembatan Millau Viaduct

Keren yah?! ternyata rintangan alam tidak menjadi masalah untuk menghubungkan dua tempat. Kemajuan teknologi dan struktur telah mengatasi apapun masalah alam yang ada dan hal tersebut tentu membawa efek prestige buat Negara dimana jembatan tersebut dibangun. Oyah bagaimana dengan Suramadu kita? belum apa apa baut nya dah banyak yang copot, hehehe. dan denger denger kita mau bikin jembatan terpanjang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera. semoga terealisasi.! Dan yang penting adalah bagaimana kita sebagai warga negara menjaga jembatan tersebut, selain sebuah kebanggan, ada faktor keselamatan juga yang harus di perhatikan ( nah kalau mur bisa copot gimana tuh keamanan nya?, jangan malu maluin Indonesia dong! )
Jembatan suramadu

sumber:www.squidoo.com

About these ads
Categories: Pengetahuan
  1. blurain
    November 29, 2009 at 2:18 pm

    petromaxxx ….

  2. ipan-bukan-superpel
    November 29, 2009 at 3:13 pm

    gagal pertamax…mantab gannn… nais inpo…tetang mur copot… dicuri menggelitik sekali gan..wakakakak…harusnya bangga dan dijaga… eh malah gak punya sama sekali rasa memiliki menjaga…wkwkwk apa memang bener kita kayak itu ya..:))btw gan jembatan sura madu termasuk jembatan 10 jembatan terpanjang gak ya:D

  3. affan
    November 29, 2009 at 3:56 pm

    suramadu masuk om, sebagai:"jembatan yang paling sering di embatin besinya…"wkwkkwwk…

  4. Sarimin
    November 29, 2009 at 9:14 pm

    info mantav gan…! lain kali bahas yang ter panjag atau yang ter besar yo Ndan! wkwkwk…piss…Video Bikini Tamara Bleszynski Di Air Terjun Pengantin

  5. Tanya jawab bisnis (TJB)
    November 30, 2009 at 2:52 am

    kapan ya bisa jalan2 liat semua jembatan itu hik2

  6. Nugraha
    November 30, 2009 at 3:10 am

    Wah, katanya jembatan suramadu aja anginnya kuenceng banget,mgkn saking panjangnya. Apalagi kalo antara Jawa Sumatera ya ?

  7. RifkyPanzer™
    November 30, 2009 at 3:13 am

    @nugraha, bisa dibayangin tuh bro, tapi pasti ada kostruksi pelindung dari angin dan org2 sipil pasti sudah memperhitungkan efek angin, gempa, dll..semoga aja jembatan nya ntar kalau jadi bisa bikin bangga Indonesia..!

  8. nuansa pena
    November 30, 2009 at 3:32 am

    Artikel yang menarik, bagaimanapun Suramadu kebanggaan kita! Bagi petugasnya yang teliti yaa kontrol dan perawatannya!

  9. Dhana/戴安娜
    November 30, 2009 at 6:08 am

    salam sahabatwah bagus ya jembatannya ada yang mirip di tempatku Tzingma bridge hongkong,oh iya thnxs dah mampir,kalo tugas selesai akan saya pasang links,maaf ya telat sibuk banget thnxs n good luck

  10. akhatam
    November 30, 2009 at 6:53 am

    Wah megah banget jembatan2nya… Tx infonya.. salam kenal..

  11. Facechan
    November 30, 2009 at 7:21 am

    Wah2.. nomer 2 sama 1 keren bgt…..aku kira suramadu jg terdaftar.. hehehee……..

  12. harto
    November 30, 2009 at 7:25 am

    kalo liat photonya sereeem bangeet, ngeriii…!!!hebat yaa, teknologi yang canggih. serba supeeer

  13. rumah blogger
    November 30, 2009 at 8:55 am

    kalo ditempat saya, tower2 PLN baut2 banyak yg dicuri, akibatnya tahun kemarin banyak tower PLN yang ambruk, kalo ada jembatan kayak gini mungkin umurnya tidak lama juga karena bakalan ambruk, heheheee

  14. sabirinnet
    November 30, 2009 at 8:56 am

    memang maha karya hasil ciptaan manusia. apalagi cintaan Tuhan ya, ??

  15. suranegara
    November 30, 2009 at 9:05 am

    kereeeennn…. btw, nanti klo umpamanya jembatan selat cunda udah jadi apakah akan menajdi jembatan terpanjang didunia?

  16. kelirirenk
    November 30, 2009 at 11:39 am

    Saya kira jembatan diukur hanya dari panjangnya, ternyata ada peringkat tertinggi.No 7 tiangnya kayak Suramadu, tapi kayaknya mur bautnya masih lengkap… heheheehe

  17. Alwi
    November 30, 2009 at 12:56 pm

    Hadir lagi Gan… tuk liat2 jembatan tertinggi di dunia, mengagumkan…. tanpa kedisiplinan gak mungkin akan terwujud … hasil2 spt itu ….

  18. affan
    November 30, 2009 at 6:09 pm

    Mammmmpiirrrr….

  19. free download lagu indonesia dan lyric lagu Indonesia
    November 30, 2009 at 10:23 pm

    indofreedownloadlagu.blogspot.com menawarkan bagi pengunjung setia dan bloggeruntuk menambah link dan traffic anda. indofreedownloadlagu.blogspot.com menawarkan jasa berupa Site Page bagi anda.untuk pemasangan setiap bulannya adalah $5.Informasi dan mendaftar kirimkan lewat email di Iborakbar@gmail.comformat : -Subject =nama anda-isi = keinginan anda bagaimana dalam tampilannya.site page anda akan dipasasang diatas dan mudah terlihat dan terklik.

  20. free download lagu indonesia dan lyric lagu Indonesia
    November 30, 2009 at 10:23 pm

    indofreedownloadlagu.blogspot.com menawarkan bagi pengunjung setia dan bloggeruntuk menambah link dan traffic anda. indofreedownloadlagu.blogspot.com menawarkan jasa berupa Site Page bagi anda.untuk pemasangan setiap bulannya adalah $5.Informasi dan mendaftar kirimkan lewat email di Iborakbar@gmail.comformat : -Subject =nama anda-isi = keinginan anda bagaimana dalam tampilannya.site page anda akan dipasasang diatas dan mudah terlihat dan terklik.

  21. nophie
    December 1, 2009 at 10:19 am

    keren abis tuh semua jembatannya…

  22. Asep sukarman
    December 1, 2009 at 5:22 pm

    indah dahsyat luar biasa jembatannyaitu baru ciptaan manusia betapa indahnya lagi ciptaan ALLAH s.w.t.

  23. gak mutu
    December 1, 2009 at 9:33 pm

    jembatan suromadu lom termasuk ya …apa kalo nanti jadi … jembatan jawa – sumatera bisa masuk di kategori tersebut ….

  24. Rkeyla
    December 2, 2009 at 2:51 am

    Mantab kawandjadi pengen liat langsung nie hehehehe

  25. Pecinta kuliner
    December 2, 2009 at 3:27 am

    Jembatan hati ada gak mas hikhikhik…Keren tuh postingan nya..

  26. suguh kurniawan
    December 2, 2009 at 3:44 am

    akhirnya ga cuma korups yang juara…..hidup sura madu, iam proud of you

  27. Donny
    December 2, 2009 at 6:49 am

    Info menarik nih sob, Meski bukan terbesar tapi yang penting ada nama Indonesia terukir di situ :)

  28. aephobia
    December 2, 2009 at 8:12 am

    wah beneran nambah2 ilmu ni sob baca2 artikelmukeren…keren !!!nice info sahabatku

  29. ORC blog
    December 2, 2009 at 11:27 am

    Suramadu ga ada apa2nya nih sob..hehe

  30. wafyes
    December 2, 2009 at 1:54 pm

    suramadu nomer brapa gan :D

  31. Lina Marliana
    December 2, 2009 at 9:38 pm

    Denger2 disuramadu juga banyak tindak kejahatan rampok lho.. Ini dialami temanku, dia hendak kemadura lewat suramadu, disana dia sempat berhenti sebentar tuk menikmati indahnya pemandangan, eh..ga taunya ada rampok yg nyamperin, minta duit dan harta benda lainnya.. akhirnya, dari pada nyawa melayang, mending dikasih tuh hartanya..

  32. yuzrond
    December 3, 2009 at 8:10 am

    ya ampun.. tingginyaaa…suramadu kalah. :(

  33. RifkyPanzer™
    December 3, 2009 at 11:39 am

    Thanks temen temen semua yang dah mampir dan meninggalkan komen disini.Thanks banget ya..untuk suramadu, tidak termasuk golongan jembatan tertinggi, mungkin bisa dimasukkan kategori jembatan terpanjang.@mbak Lina, iya emang disana rawan sekali, temen2 ku juga banyak yg bilang gitu kok, tapi saya sendiri blm pernah ke suramadu kok heheheh@wafyes, suramadu tidak termasuk yang tertinggi, mungkin masuk golongan terpanjang Asia (hanya asia tenggara)@Aephobia, thanks thanks, sering2 mampir ya bro.@Rkeyla, hehehe jembatan hati gak perlu tinggi atau panjang, hanya butuh jembatan bersih hehehe@Alwi, ya mas setuju, masalah disiplin semua masyarakat kita, ikutan menjaga aset negara yang bisa jadi kebanggan, masak kalah ma Malaysia, disana sudah ada gedung tertinggi nya ( petronas) dan juga jembatan tinggi., masak negara kita terkenal korupsi tinggi nya, malu kan hehehehesekali lagi thanks buat temen2 yang dah komen, keep blogging !

  34. Minangkabau
    December 3, 2009 at 12:47 pm

    ada ya sob jembatan setinggi itu,ajarin donk sob cara bikin daftar artikel yang ada di blog sob ini

  35. The SUNRISE
    December 3, 2009 at 3:22 pm

    keren banget sob . . graphicsnnya . .oh iya, klo aku lebih suka jembatan di jepang . Shetoohashi bridge yang menghubungkan beberpa pulau sbo . .

  36. Financial Adviser
    December 3, 2009 at 8:18 pm

    mungkin bakal lebih keren kalo dibikin jembatan penghubung jawa kalimantan ato jawa sulawesi ato jawa papua..wuih mantap tuh

  37. triplex
    December 3, 2009 at 10:27 pm

    waw.. NIce infonya bro

  38. KucingTengil
    December 4, 2009 at 1:41 am

    nyahuuuuuuuuuuuuu

  39. KucingTengil
    December 4, 2009 at 1:42 am

    jembatannya serem amat ampe nembus ke awan. hiiiiiiiiiiiiiiiiii….btw, shoutboxnya kok ga ada

  40. Big Gate
    December 4, 2009 at 9:37 am

    Wih keren keren jemabatannya broww….Mampir ya… mikrobox.blogspot.com

  41. Galeri
    December 5, 2009 at 1:16 pm

    Ruarrrrrr biasa….

  42. Vienka
    December 6, 2009 at 1:15 am

    wiw keren keren ya jembatannya

  43. health tips
    December 6, 2009 at 1:54 pm

    wawww… muantep bener. yg buat orang apa dewa tu? hahafinancial auditing blog

  44. modern auditing
    December 6, 2009 at 1:56 pm

    sorry bro… nitip link ya?hehe thank. nice post

  45. JOLA76
    December 6, 2009 at 3:32 pm

    yang no 1 keren diatas awan, mantab bro….

  46. Belajar SEO WordPress
    December 7, 2009 at 5:56 pm

    suromadu ko kagak masuk ya sob? xixixixisumpah dari kemaren pengen komen di artikel ini cuman kemaren koneksi lebih parah dari sekarang.cool info sob, gila keren sumpah smua jembatannya sayang suromadu gak masuk itungan xixi

  47. RifkyPanzer™
    December 7, 2009 at 6:35 pm

    @belajar SEO WordPress, Suramadu gak masuk bro untuk kategori tertinggi, namun sptnya kalau terpanjang kategori asia tenggara boleh lah…hehehe

  48. Tutorilal, Tips, Trik, Info.
    December 8, 2009 at 8:21 am

    haha, kalau suramadu itu masuk katagori jembatan yang bautnya tersedikit, karena banyak dicuri orang bautnya baut di kilo.in…

  49. RifkyPanzer™
    December 8, 2009 at 11:45 am

    @Tutorial,tip,trik,info….hahahahah bisa aja bro!

  50. Bantalan Karet
    December 10, 2009 at 10:37 am

    Mantap dan keren kira – kira ada tau ndak kebutuhan untuk Bearing Padsnya nerapa masing – masing jembatan.Terimakasih

  51. RifkyPanzer™
    December 10, 2009 at 11:39 am

    @bantalan, wah kalau perhitungan Bearing pads nya saya kurang paham bro.,itu mungkin urusan orang2 sipil hehehe..saya dulu kuliahnya di arsitektur,itupun salah jurusan hahahahaha,mungkin temen2 lain ada yg bisa jawab? waktu dan tempat saya persilahkan :D

  52. Aryanto AJ
    December 10, 2009 at 4:20 pm

    Keren bro info nya,…kapan ya indonesia punya? dan kapan ya indonesia bisa ngerawatnya?

  53. Ismael, Amd. Kep.
    December 13, 2009 at 3:56 pm
  54. dadangsupriadi
    December 26, 2009 at 2:02 pm

    Bisa tuh ditiru sayapun akan buat jempatan tertinggi dan terpanjang di dunia,tapi dimana yah ?

  55. program kasir
    January 13, 2010 at 9:03 am

    Buat apa, bikin jembatan setinggi-tinggi mungin debgan biaya ratusa miliyaran rupiah,apa gak pernah terlintas gitu sebagian dana di sumbangkan kepada yang berhak di sumbang, seperti orng-orang gak mampu, atau yang terkena bencaa alam.Thanks

  56. RifkyMedia™
    January 13, 2010 at 9:14 am

    @program kasir, saya bisa paham memang, di negara2 maju, mungkin dengan pertumbuhan penduduk yg diatas rata rata (berkecukupan) jadi mereka bisa berfikir utk pembangunan di sektor lain, membuat jembatan tinggi bukan tanpa alasan, pasti ada alasan nya, bisa saja kalau di laut agar dibawahnya bisa tetap dilalui kapal2 besar, karena penggunaan jembatan angkat, sangat tidak efisien, karena bisa memacetkan jembatan bila kapal lewat dan saya rasa org di luar sana sangat mementingkan tingkat efisiensi.kalau jembatan dibuat di antara dua bukit, bisa saja pembangunan tersebut sudah sangat Urgent pembuatan nya untuk kebutuhan transportasi mengingat medan untuk berputar mungkin akan memakan waktu yang lama.begitu hal nya dengan Pembangunan melintasi lembah dll.pasti ada perhitungan Ekonomis slain masalah kebanggaan juga.Pembangunan suramadu di buat agar terjadi efisiensi perdagangan dan perkembangan kota di jawa timur ke arah madura, selain angkutan ferry yang ber traffic tinggi perharinya disitu sudah ada jalur2 kapal barang dan penumpang yg tentu saja akan membuat lalu lintas di pelabuhan sangat padat..

  57. ALL IN tUmBuH
    January 23, 2010 at 3:36 pm

    suramadu gak termasuk thu bro,. hehe

  58. waploh
    February 1, 2011 at 2:06 am

    wow, sebenarnya kepulauan diseluruh indonesia sudah bisa dibuatkan jembatan besar kayak luar negeri brow, mengingat, menimbang dan memutuskan bahwa ; daripada uangnya dibuatkan jembatan, mendingan uangnya dihabiskan untuk foya2 politik, menipu diri sendiri brow, alias enakan dikorupsi kkn buat keluarga sendiri aja brow.
    kalo suromadu udah jadi aja murnya ada yang ilang, apalagi sebelum jadi, banyak material yang ilang dibawa pulang buat membangun rumahnya para …. yang ikut tanda tangan dan antek2nya dulu brow.maklum budaya dari keraajaan jaman kerajaan dahulu.. “UPeti bo” tul nggak????
    negara kita nomer 3 terkorup didunia, kalo tidak dikorup dari dulu tentunya anak aq sekarang sudah diajak jalan2 buat meliat pemandangan indah jembatan antar pulau diseluruh indonesia…

  59. victor
    December 25, 2011 at 7:44 am

    tetap aja suramadu urutan pertama

  60. 116888
    June 6, 2012 at 9:17 am

    pasti ada kasus korupsi lagi…kalau indonesia buat jembatan terpanjang di dunia,,,,

  61. rekayasa
    July 26, 2012 at 1:46 am

    subhanalloh ciptaan manusia,atas kuasa yang maha Esa.

  62. sundanise
    July 27, 2012 at 3:53 am

    mantap tuh coy berikutnya JSS, WASPADAI orang MADURA

  63. bagus
    September 16, 2012 at 3:04 pm

    mantap tu jembatan aq kagum kali pokok nya yg bwat memaang hebat aku pingin kesana terima kasi sekedar pendapat dari saya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: